Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

5 Faktor yang Buat Bitcoin Ciptakan Rekor Baru Tahun Ini

anisa giovanny     Tuesday, February 11 2020

2020 mungkin tahun Bitcoin. Banyak analis telah mengatakan bahwa fundamental pasar dan indikator teknis menampilkan kinerja yang baik bagi mata uang digital tersebut.  Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin dapat menciptakan rekor baru bagi Bitcoin.

Halving Bitcoin

Kemungkinan paling besar yang membuat faktor harga Bitcoin akan menguat di tahun ini adalah peristiwa halving atau pengurangan separuh bitcoin.

Kuat dugaan jika halving BTC akan terjadi di bulan Mei, dan diyakini akan berdampak pada harga Bitcoin karena secara historis harga aset kripto tersebut selalu mengalami kenaikan sesudah halving. Diprediksi halving ini dapat membuat harga Bitcoin memiliki nilai yang kuat pada akhir tahun nanti.   

Baca juga : Apa itu Bitcoin Halving ?

Rekor Hutang Global

Utang global telah melonjak dalam dua dekade terakhir, pada akhir 2019, utang global diperkirakan sekitar $250 triliun, dipimpin oleh Amerika Serikat dan Cina.  Tingkat utang yang tidak stabil itu menunjukan jika sistem dalam mata uang fiat memiliki masalah yang mendalam. Ini bisa menjadi peluang bagi Bitcoin untuk masuk ke pasar konvesional dan menarik banyak investor untuk beralih menggunakan aset kripto.

Pembatasan Uang Tunai

Daya tarik dari Bitcoin adalah ia memiliki nilai yang sama, sering disebut sebagai uang tunai digital. Bitcoin memiliki sistem tredesentralisasi, tidak ada otoritas yang mengaturnya. Sehingga jika pemerintah melakukan pembatasan penarikan uang tunai, transaksi Bitcoin tetap akan berjalan karena tidak terlalu ikut terpengaruh.  

Contohnya terjadi di Lebanon, di mana keadaan darurat telah membuat pemerintah membatasi penarikan uang fiat, dan pemerintah mengontrol uang tunai dan pada akhirnya mengendalikan dompet pribadi masyarakat. 

Dengan pembatasan pada transaksi tunai, Bitcoin dapat masuk menjadi alat transaksi siginfikan begitu pula dengan mata uang digital lainnya, karena ia memilki sifat yang berbeda dari mata uang konvensional.

Bank Menyalahgunakan Kekuasaan

Tahun lalu terlihat ada peningkatan nyata dalam jumlah uang yang dikeluarkan bank sentral agar perekonomian tetap bertahan. Pada Januari mislnya, Federal Reserve Ne York (The FED) telah menyuntukan dana $57,7 miliar pada 4 Januari dan $55,3 miliar pada 24 Januari. Anfka itu lebih dari $100 miliar dalam waktu kurang dari sebulan untuk “menenangkan” pasar.  

Kemudian Bank Sentral Cina telah mencetak uang sekitar 1,2 triliun yuan guna menanggulangi kesulitan ekonomi dan itu lebih dari seluruh kapitalisasi pasar Bitcoin.

Kebijakan bank sentral tersebut bisa menjadi alasan lain yang membuat Bitcoin akan menguat di 2020.

Level terendah Bitcoin Berdasarkan Tren Historis

Secara historis Bitcoin telah menemukan level terendahnya di sekitar tahun ketiga dari setiap siklus pengurangan Bitcoin (halving) yang terjad empat tahun sekali.  Dalam siklus halving pertama dalam sejarah aset ini.

Nilai Bitcoin naik sekitar 13.378%, kemudian siklus halving kedua mengalami kenaikan 12.160%. Melihat historis tersebut, seberapa jauh kah Bitcoin akan naik dalam siklus ini ?. Oleh karena itu, preseden historis menjadi alasan kuat bagi momentum bullish untuk bergerak maju.


Itu dia lima alasan yang mungkin membuat Bitcoin akan mengalami harga yang baik di tahun ini, atau bahkan bisa memecahkan rekor baru.

Sumber