Berita Industri · 7 min read

410 Proyek GameFi Terindikasi Mangkrak di 2023

Proyek GameFi mangkrak

Data baru yang dikumpulkan oleh pencipta Big Blockchain Games List, Jon Jordan, menunjukkan bahwa jumlah GameFi yang telah berhenti pengembangannya mencapai 30% dari total keseluruhan.

Lebih Dari 400 GameFi Telah Non-Aktif

Big Blockchain Game List mencatat bahwa 248 game web3 dihentikan atau menjadi tidak aktif pada paruh pertama tahun 2023, dan 162 dihentikan pada paruh kedua tahun 2023. Ini berarti sekitar 410 proyek GameFi telah non-aktif tahun lalu, yakni sekitar 30% dari 1.322 game web3 yang terdaftar.

gamefi
Gambar: Jumlah GameFi non-aktif paruh pertama 2023. Sumber: Big Blockchain Game List

Alasan paling umum yang dikutip untuk menandai sebuah game sebagai “dihentikan” adalah periode panjang tanpa pembaruan atau aktivitas, yang berarti game tersebut secara diam-diam tidak memberikan kabar melalui semua media sosial dan situs webnya selama berbulan-bulan.

Beberapa game, seperti Blankos Block Party, Gran Saga: Unlimited, The Harvest, Pixelcraft, Lost Archive Plus, Oath of Peak, dan Arcane Magic, ditandai sebagai “dibatalkan” karena telah membuat pengumuman publik mengenai penghentian pengembangan yang merujuk pada kondisi pasar dan kurangnya pendanaan sebagai alasan penutupan mereka.

Baca juga: 5 Proyek GameFi Layak Pantau di 2024

Beberapa proyek game mengabaikan rencana integrasi blockchain dan menjadi game tanpa kripto seperti Neopets Metaverse dan Immortal Game. CEO Neopets, Dominic Law, mengatakan bahwa “membatalkan integrasi kripto karena sebagian besar penggemar mereka tidak peduli.”

BNB Chain mengalami penutupan game terbanyak sepanjang tahun 2023 yakni sebanyak 57 atau 14%. Polygon di tempat kedua dengan menyumbang game yang dihentikan sebanyak 45 atau 11%.

Chain yang mengalami penutupan game atau menjadi tidak aktif sejalan secara proporsional dengan ukuran relatif mereka secara keseluruhan. Polygon dan BNB adalah dua chain dengan jumlah game terbanyak, dengan Ethereum menempati urutan ketiga dan Solana di urutan keempat.

Baca juga: Proyek GameFi Mati 70% di Tahun 2023

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.