Game · 5 min read

Daftar Proyek GameFi Layak Pantau di 2024

5 Potensi GameFi

Di tengah ramainya berbagai sektor baru di industri kripto, tampaknya sektor game Web3 atau GameFi menolak untuk kalah pamor. Berdasarkan laporan dari CoinGecko, terdapat 720 proyek GameFi yang tercipta di tahun 2023, dimana jumlah ini terbanyak kedua setelah tahun 2021.

Kemungkinan besar sektor GameFi akan memiliki potensi yang baik di tahun 2024, berdasarkan capaian tahun lalu. Artikel ini membahas beberapa proyek GameFi yang layak diperhatikan di tahun 2024.

Illuvium

Illuvium adalah game bergenre role play fantasi yang dikembangkan di blockchain Ethereum oleh organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang disebut Illuvium DAO.

Di akhir tahun 2023, Illuvium mengum7umkan bahwa Illuvium Beta 3: PvP tersedia di Epic Games Store. Perlu diketahui bahwa Epic Games adalah publisher dan marketplace game populer di kalangan gamer.

Illuvium memiliki token native ILV yang dalam setahun terakhir telah mengalami kenaikan +122% dari US$38,15 ke US$84,76. Dengan harga all time high (ATH) di US$1.930, maka masih banyak ruang untuk ILV mengalami apresiasi harga ketika GameFi mulai bersinar.

Baca juga: Token Illuvium (ILV) Naik 25% Imbas Listing di Epic Games

Pixels

Pixels adalah permainan dengan genre open world yang bertema pertanian, eksplorasi, dan kreasi. Game ini tergabung dengan ekosistem yang dikembangkan oleh Sky Mavis, pengembang game play to earn populer Axie Infinity.

pixels gamefi
Gambar: Tampilan game Pixels. Sumber: Gam3s.gg

Permainan ini memiliki dua token native yakni BERRY sebagai token reward kepada pemain dan token PIXELS sebagai token hak tata kelola. Token PIXELS belum dirilis dan akan dibagikan dengan metode airdrop di kemudian hari.

Treasure

Treasure adalah platform ekosistem game terdesentralisasi yang dibangun di atas jaringan Arbitrum. Token native-nya, MAGIC dapat menguhubungkan pemain menuju semua game yang terdapat dalam ekosistem Treasure. Platform ini terdiri dari setidaknya 12 game dengan beberapa yang populer seperti Bridgeworld, Realms, dan Beacon.

Gambar: Kumpulan game di ekosistem Treasure. Sumber: Treasure

MAGIC telah mencatatkan kenaikan sekitar +100% dari US$0,488 ke US$1,15 selama setahun terakhir. Harga ATH dari token ini adalah US$6,92, atau sekitar empat kali lipat dari harga per artikel ditulis (11/1/24).

Vulcan Forged

Vulcan Forged adalah ekosistem gaming Web3 yang terdiri dari studio game internal dan mitra studio eksternal, marketplace game, dan program inkubator untuk developer pemula. Sejak tahun 2022, Vulcan Forged memiliki jaringan blockchain sendiri yang disebut Elysium.

Gambar: Homepage Vulcan Forged. Sumber: Vulcan Forged

Vulcan Forged memiliki token native bernama PYR yang berfungsi sebagai token hak tata kelola sekaligus media untuk berinteraksi pada platform. PYR telah mengalami peningkatan +164% dari US$2,66 ke US$7,02 dalam setahun terakhir. Harga ATH dari token ini adalah US$55, atau sekitar 8 kali lipat dari harga per artikel ditulis (9/1/24).

Baca juga: Proyek GameFi Mati 70% di Tahun 2023

Kesimpulan

Sektor GameFi siap untuk terus tumbuh pada tahun 2024, dengan proyek-proyek seperti Illuvium, Pixels, Treasure, dan Vulcan Forged yang memimpin. Dengan fitur unik dan potensi pertumbuhannya, proyek GameFi ini layak untuk dipantau dengan cermat. Di antara proyek GameFi tersebut, SpaceMania menarik untuk diperhatikan dengan ide inovatif dan pencapaian dalam tahap prapenjualannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.