Siaran Pers · 8 min read

Protokol Jakarta Resmi Tayang di Tezos

Tezos Jakarta

Pada 28 Juni 2022 pukul 23.31 CET atau 4.30 WIB, blockchain Tezos berhasil meningkatkan jaringannya dengan mengaktifkan proposal Jakarta (secara teknis Jakarta 2) di blok #2490369.

Upgrade protokol Tezos kesepuluh ini dikembangkan bersama oleh Nomadic Labs, Marigold, TriliTech, Oxhead Alpha, Tarides, DaiLambda, Functori & Tweag.

Tezos menyarankan pada baker untuk melakukan upgrade  ke versi node baru yang diperlukan secepat mungkin. Ini meminimalkan risiko jaringan macet karena persyaratan konsensus yang diperkenalkan dengan Tenderbake.

Baca juga: Tezos Luncurkan Protokol Terbaru Bernama Jakarta!

Pembaruan node wajib dilakukan para baker karena akan ada pembaruan lebih lanjut untuk protokol yang akan memerlukan fitur dalam proposal peningkatan yang akan datang, seperti Smart Contract Optimistic Rollups. 

Salah satu fitur baru yang dibawa dari protokol Jakarta adalah Transaction Optimistic Rollups (TORUs). TORU memainkan peran penting di Tezos, yakni: 

  • Menangani kebutuhan penskalaan jangka pendek.
  • Mendemonstrasikan kemampuan Tezos untuk mengimplementasikan solusi penskalaan melalui peningkatan protokol.
  • Memungkinkan pengembang ekosistem untuk membangun infrastruktur gabungan.
  • Membuka jalan untuk Smart Contract Optimistic Rollups yang akan datang. 

Baca juga: Melihat Proyek DAO yang Ada di Blockchain Tezos

Manfaat Peningkatan Tezos dari Protokol Jakarta

Untuk lebih lanjut tentang rollup, kamu bisa menemukannya di artikel pengenalan TORU. Selain ada TORU, peningkatan ini juga memiliki beberapa manfaat untuk Tezos, sebagai berikut: 

Ticket Hardening

Protokol sekarang secara eksplisit melacak kepemilikan tiket dengan memeriksa pembuatan tiket dan perubahan kepemilikan terhadap tabel saldo global.

Ini menambahkan perlindungan ekstra terhadap upaya untuk memalsukan tiket dan meningkatkan keamanan untuk solusi Layer 2 yang menggunakan tiket untuk mewakili aset Layer 1. Dengan perubahan ini, tiket tidak lagi dianggap eksperimental dan diyakini aman untuk digunakan di mainnet.

Integrasi Sapling Lebih Aman

Integrasi transaksi Sapling ke dalam smart contract Michelson telah diubah menjadi desain baru yang lebih aman. Dengan aktivasi Jakarta, sekarang hanya dimungkinkan untuk membuat smart contract  Sapling yang sesuai dengan versi baru.

Voting  Likuiditas Baking Baru

Likuiditas Baking Escape sekarang menjadi “Suara Likuiditas Baking Toggle”, dengan opsi Aktif, Nonaktif, atau Lulus. Selanjutnya, penonaktifan tidak lagi permanen dan dapat dibatalkan dengan perubahan suara di kemudian hari. 

Alih Bahasa Michelson

Secara khusus, keamanan dan kinerja tipe telah ditingkatkan. Beberapa kontrak pintar yang mengandalkan fitur lama telah ditambal agar sesuai dengan spesifikasi Michelson modern.

Rolls Tetap

Proposal protokol Jakarta mengubah perhitungan kekuatan suara delegasi dalam proses amandemen sendiri. Alih-alih diukur dalam roll, saat ini akan berbanding lurus dengan saham delegasi.

Seperti biasa, Tezos tidak akan berhenti melakukan peningkatan untuk menyelesaikan proposal Kathmandu yang akan datang dan untuk meletakkan dasar lebih lanjut untuk Smart Contract Optimistic Rollup, Data Availability Layer, dan peningkatan besar lainnya untuk Tezos.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.