Berita Blockchain · 5 min read

Protokol DeFi Compound (COMP) Rilis Harga Terdesentralisasi Oracle

Protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) Compound meluncurkan harga dengan oracle sendiri sebagai bagian dari upayanya untuk bermigrasi ke Open Price Feed. 

Compound Meluncurkan Harga Terdesentralisasi Oracle

Sebagai bagian dari upaya dalam migrasi pada Open Price Feed, sebuah sistem di dalam Compound yang mengizinkan adanya umpan harga dan peningkatan di dalamnya, platform DeFi ini merilis harga oracle-nya sendiri.

Secara khusus, Open Price Feed ini dikembangkan untuk dapat memungkinkan komunitas crypto mempertahankan dan meningkatkan umpan harga yang tidak bergantung pada infrastruktur dan proses Compound.

Price oracle sendiri merupakan umpan balik data ketiga yang terdesentralisasi. Ia diperuntukan untuk mengambil dan mengelola data yang diperlukan saat melakukan smart contract. Beberapa platform DeFi besar seperti Maker, Synthetix, dan Aave, menggunakan oracle feeds terdesentralisasi untuk menawarkan berbagai macam layanan kepada penggunanya termasuk peminjaman dan perdagangan margin.

Menurut pengumuman resmi, Compound sendiri telah menjalankan uji coba pada testnet Kovan dan Ropsten selama hampir sepuluh hari. Pada 6 Agustus lalu, proposal pengesahan testnet Ropsten telah disahkan untuk memanfaatkan feed harga baru. Price oracle sendiri telah memposting harga ke mainnet.

Mereka menyatakan,

“Kami mengoperasikan agregator, di mana siapa pun dapat dengan mudah berkaca pada kami dari harga yang telah diposting ke oracle. Harga ini tersedia langsung dari setiap laporan yang ada, melalu API publik mereka. Kami juga telah membuat buku catatan untuk memudahkan siapa saja yang mem-posting harga saat ini ke dalam jaringan.”

Lebih lanjut, platform DeFi tersebut juga mengembangkan halaman harga yang memungkinkan semua orang memeriksa status sistem saat ini. Semua informasi terkait harga juga tersedia secara on-chain tanpa ketergantungan pada infrastruktur protokol, tambah pengumuman itu.

DeFi Oracles Sangat Populer Saat Ini

Solusi oracle terdesentralisasi membuat Chainlink (LINK) dan Band Protocol (BAND) menghadapi peningkatan permintaan secara eksponensial. Hal ini didukung dalam meningkatkan popularitas platform peminjaman dengan DeFi. 

Dilansir dari BTCManager, 22 Juli lalu proyek blockchain terbesar di Korea Selatan ICON (ICX) sudah mengintegrasikan oracle lintas rantai Band Protocol dalam upaya memberikan keamanan dan verifikasi pada data yang diolah langsung menuju platform dApps mereka melalui data oracle.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.