Berita Bitcoin · 5 min read

Prediksi Harga Bitcoin 2024 dari Tokoh Kripto Dunia

Prediksi harga BTC dari pakar

Sepanjang tahun 2023 harga Bitcoin (BTC) telah naik lebih dari 145%. Harga aset tersebut berhasil menyentuh angka US$40.000 pada 4 Desember 2023. Angka itu menjadikan level tertinggi yang pernah dilihat BTC sejak April 2022.

Kebangkitan harga aset kripto ternama ini pun menimbulkan optimisme mengenai pergerakan harga Bitcoin di tahun 2024. Coinvestasi telah merangkum prediksi harga Bitcoin dari tokoh-tokoh global di industri kripto.

Beragam Prediksi Harga BTC dari Tokoh dan Instansi Ternama

Adam Back, CEO perusahaan blockchain Blockstream, yakin Bitcoin bisa mencapai US$100.000 sebelum peristiwa halving pada tahun 2024.

Cathie Wood, CEO ARK Investment Management, dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal memperkirakan bahwa Bitcoin akan diperdagangkan hingga US$650,000 per koin, tapi itu hanya kasus dasarnya. Dalam skenario bull case, mata uang kripto terbesar di dunia bisa bernilai antara US$1 juta dan US$1,5 juta per koin.

Arthur Hayes, mantan CEO Bitmex ini  memprediksi harga Bitcoin akan ke angka US$70.000 pada tahun 2024. Sedangkan untuk skenario yang lebih jauh, ia optimis pada 2026 harga aset penemuan Satoshi Nakamoto ini bakal menyentuh US$1 juta. 

Tom Lee, salah satu pendiri Fundstrat Global Advisors, memperkirakan potensi harga Bitcoin sebesar US$180.000 pada akhir tahun 2024, terutama jika Komisi Sekuritas dan Bursa AS menyetujui ETF Bitcoin spot.

JPMorgan Chase, raksasa perbankan investasi, menawarkan perkiraan yang lebih konservatif, memproyeksikan harga skenario bull case sebesar US$45.000 untuk Bitcoin.

Standard Chartered, sebuah bank internasional besar, baru-baru ini meningkatkan perkiraannya untuk Bitcoin menjadi US$100.000 pada akhir tahun 2024.

Matrixport, perusahaan jasa keuangan kripto, merilis catatan minggu lalu yang memproyeksikan Bitcoin akan mencapai US$63.140 pada April 2024 dan US$125.000 pada akhir tahun depan.

Baca juga: Harga Bitcoin Capai US$40.000, Pertama Kali Sejak April 2022

Katalis Kenaikan Harga Bitcoin 2024

Para pemain industri kripto tersebut memprediksi kenaikan harga Bitcoin tahun depan dengan dukungan sejumlah narasi optimis yang akan hadir untuk aset kripto terbesar itu. Beberapa di antaranya adalah: 

Peristiwa Halving Bitcoin

Dijadwalkan pada paruh pertama 2024, halving Bitcoin adalah peristiwa penting di mana imbalan untuk menambang blok baru dikurangi setengahnya, yang secara efektif mengurangi laju pembuatan Bitcoin baru.

Secara historis, peristiwa halving telah menyebabkan peningkatan minat dan lonjakan harga yang signifikan pada bulan-bulan setelah peristiwa tersebut.

Baca juga: Menuju Bitcoin Halving 2024, Semua yang Perlu Dipersiapkan Investor

Persetujuan Bitcoin ETF Spot

Gambar: Tabel perusahaan yang mengajukan Bitcoin etf spot. Sumber: CryptoQuant.

Keputusan terhadap aplikasi Bitcoin ETF spot diumumkan awal 2024. Jika disetujui, CryptoQuant memperkirakan aliran dana sekitar US$155 miliar ke Bitcoin, dengan syarat perusahaan penyedia mengalokasikan 1% dari aset mereka ke ETF BTC.

Hal tersebut diharapkan dapat mendorong kapitalisasi pasar Bitcoin ke kisaran US$450 miliar hingga US$900 miliar dan ikut mendukung kenaikan harga Bitcoin.

Baca juga: Market Cap Bitcoin Diproyeksi Bisa Sentuh US$1 Triliun Gara-gara Ini!


Melalui berbagai prediksi yang beragam dari tokoh-tokoh terkemuka di industri kripto, tahun 2024 menjanjikan dinamika yang menarik bagi harga Bitcoin.

Dari visi optimis para ahli, seperti prediksi kenaikan signifikan sebelum peristiwa halving dan harapan terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot, para pelaku pasar dan investor memiliki banyak faktor untuk dipertimbangkan dalam merencanakan strategi mereka.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.