Mengenal Predictor, Platform Prediksi Pasar di Tezos 

Anisa Giovanny

4th August, 2022

Tezos kedatangan produk baru di blockchainnya yakni Predictor, ini adalah platform market prediksi yang terdesentralisasi di Tezos.

Tujuannya untuk memprediksi peristiwa masa depan dan kontrak yang dirancang untuk memfasilitasi penggalian informasi yang digunakan dalam proyeksi.

Predictor digunakan dengan akurat untuk memprediksi hasil kontes politik, acara olahraga, dan, kadang-kadang, hasil ekonomi.

Misi Predictor antara lain adalah, menjadi alat proyeksi untuk menjadi pilihan bagi semua orang di berbagai jenis prediksi, menyediakan market lindung nilai untuk semua jenis risiko di mana informasi tersedia untuk umum seperti penundaan penerbangan, cuaca, dan lain-lain. 

Platform ini juga memungkinkan semua pengguna memonetisasi pengetahuan dan mendapatkan reputasi, menciptakan kesadaran akan masalah sosial dan lingkungan seperti insiden perubahan iklim, suhu, harga karbon, jumlah kasus Covid, dan memberikan penemuan nilai yang tidak bias. 

Baca juga: Apa Itu Tezos (XTZ)? Blockchain Ramah Lingkungan

Bagian Ekosistem Predictor

Ada tiga bagian pengguna predictor, yakni creator, predictors, dan reporter. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing yakni: 

Creator 

Creator akan masuk ke dalam whitelist, di mana mereka akan membuka kontrak prediksi dengan memasukkan pernyataan prediksi, opsi, tanggal mulai dan kedaluwarsa.

Ada juga biaya untuk membuat prediksi untuk menghindari pelaku dan spam yang tidak diinginkan. Creator menerima bagian komisi saat prediktor membeli bagian dalam prediksi yang dibuat oleh kreator.

Predictors

Predictors adalah  klien sebenarnya dari platform ini. Mereka menelusuri prediksi dan membeli token predictor keinginan mereka. Karena token prediksi sesuai dengan FA2, Predictors dapat memperdagangkannya di Tezos DEX apa pun. Setelah hasil prediksi keluar, mereka menukarkan token mereka dengan jumlah kemenangan di Tez.

Reporter

Reporter berurusan dengan oracle. Merekalah yang membantu dalam menentukan hasil prediksi. Reporter yang masuk ke whitelist akan stake Tez sebagai jaminan dan memilih hasil untuk setiap prediksi setelah hasilnya keluar.

Jika opsi, yang mereka pilih, dinyatakan sebagai hasil akhir dari prediksi, mereka mendapatkan hadiah kecil dan mereka kehilangan 10% dari stake untuk setiap pelaporan yang salah.

Opsi yang mendapat supermayoritas 80% suara reporter dalam waktu 24 jam akan diumumkan sebagai hasil dari prediksi yang sesuai.

Cara Kerja Predictor

Predictor mengikuti cara staking Parimutuel. Jadi peluang untuk setiap opsi tidak diketahui di awal dan dapat disimpulkan hanya setelah prediksi ditutup. Semua acara berbagi memiliki harga yang sama 0,01 Tez. Alur kerjanya adalah sebagai berikut. 

Tahap Proposal

Kreator membuat prediksi, admin dapat membatalkan prediksi tertentu jika detailnya tidak lengkap. Jika tidak ada masalah, prediksi akan dibuka untuk perdagangan. 

Tahap Prediksi 

  • Prediktor memilih opsi favorit mereka untuk prediksi yang diberikan dengan membeli token yang sesuai (dengan membayar tez)
  • Semua tez terakumulasi di pool.
  • Setelah dijadwalkan prediksi ditutup. Peluang setiap opsi dihitung.

Tahap Perdagangan

  • Prediktor dapat memperdagangkan token mereka di DEX kapan pun sebelum atau setelah prediksi ditutup.
  • Peristiwa prediksi terjadi dan hasilnya diketahui.

Tahap Pelaporan 

Reporter akan  melaporkan hasilnya dengan memberikan suara pada opsi di Oracle.

Opsi dengan supermayoritas dinyatakan sebagai hasil akhir. 

Tahap Penebusan

Prediktor dengan token pemenang menukarkan token mereka dengan tez.

Rencana Predictor di Masa Depan

Platform ini merencanakan sejumlah langkah di masa depan, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Terintegrasi dengan Stablecoin ( Banyak USD, USDtz, kUSD, USDT) — Stablecoin berbasis Tezos
  • Opsi untuk membuat prediksi skalar
  • Tambahkan Kontrak Prediksi hanya Reputasi. Di sini hanya token yang tidak dapat diperdagangkan/ tidak dapat ditransfer alih-alih tez yang akan diberikan kepada pemenang yang akan mewakili reputasi mereka.
  • Prediksi grup tertutup — opsi bagi orang dan organisasi untuk bertaruh pada suatu acara hanya di antara kenalan atau klien mereka. Orang-orang di luar grup dilarang memperdagangkan kontrak yang sama. Ini akan mengaktifkan konsep Prediksi sebagai Layanan untuk “taruhan” offline yang ada yang ingin memindahkan pekerjaan mereka di blockchain.

Baca juga: Blockchain Tezos Hadirkan Peluang Terciptanya Green Money

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency