Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 5 min read

Melihat Potensi Harga MATIC Jelang Hard Fork Polygon

analisis harga matic polygon

Proposal komunitas Polygon tentang hardfork sudah disusun pada Desember 2022 dan rencananya akan dieksekusi pada 17 Januari 2023.

Tujuannya dari hardfork ini adalah untuk memperbaiki masalah lonjakan gas fee dan menangani reorganisasi rantai (Reorgs), sehingga dapat meningkatkan kinerja dan keamanan jaringan Polygon.

Pergerakan Harga Polygon

Menjelang hard fork ini, harga MATIC, kripto asli dari Polygon kembali menyentuh harga di atas $1 sejak terakhir kali pada November 2022 awa kasus FTX. Per 16 Januari 2023 pukul 14.00 WIB harga Polygon (MATIC) diperdagangkan di harga $1,02.

polygon
Gambar: Grafik harga Polygon (MATIC)

Performa MATIC dari awal tahun menunjukan kenaikan +36%. Dilihat dari pergerakan harga 24 jam terakhir, MATIC hanya menunjukan kenaikan 5,3% menjelang hardfork besok.

Ada Potensi Koreksi

Jika melihat hardfork yang sudah terjadi seperti ‘The Merge’ Ethereum dan ‘Vasil Hardfork‘ Cardano, biasanya harga aset mengalami penurunan pasca hardfork selesai.

Jadi ada kemungkinan bahwa harga MATIC akan mengalami penurunan pasca hardfork. Berdasarkan area support yang terbentuk, ada kemungkinan MATIC akan mengalami penurunan ke area harga $0,95-$0,97 atau ke area $0,90-$0,91 jika tekanan jual sangat tinggi.

Hard Fork Tidak Memiliki Pengaruh Bagi Pengguna Awam

Jika pada harga ada kemungkinan koreksi, secara teknis hard fork ini tidak akan memiliki pengaruh berarti bagi pengguna biasa, sebab yang akan ditingkatkan adalah pada chain Polygon dan tidak pada software yang digunakan pengguna.

Dengan adanya hardfork ini, Polygon bertujuan untuk mengurangi lonjakan harga gas fee yang sering kali terjadi ketika banyak aktivitas yang terjadi pada jaringan. Upgrade ini mirip dengan yang terjadi pada Ethereum yakni implementasi EIP-1159 yang mengatur gas fee agar lonjakan menjadi minimum ketika jaringan mulai sibuk.

Selain gas fee, ada updgrade Reorgs yang rencananya mengurangi panjang sprint Polygon dari 64 blok menjadi 16 blok. Dengan demikian, waktu produksi blok jauh lebih singkat dari sekitar 128 detik menjadi 32 detik.

Baca juga: Polygon akan Lakukan Hard Fork, Tekan Biaya Gas dan Reorganisasi


Disclaimer: Artikel ini hanya berupa informasi dan semua analisis yang dilakukan merupakan analisis pribadi dari penulis. Tidak ada saran atau ajakan trading, semua kepitusan investasi berada di tangan investor dengan mengetahui risikonya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.