Berita Altcoins · 8 min read

Polygon Hampir Balap Jumlah Pengguna Ethereum di 2023

Polygon vs Ethereum

Ethereum menjadi blockchain nomor satu dalam jumlah pengguna aktif di tahun 2023, dengan 15,4 juta pengguna. Polygon di tempat kedua dengan selisih tipis, yakni 15,24 juta pengguna.


Jaringan sidechain sekaligus layer-2 Polygon hampir menyamai jumlah pengguna Ethereum pada tahun 2023, berdasarkan data perusahaan analitik blockchain Flipside.

Polygon mencatatkan total 15,24 juta pengguna pada tahun 2023, sekitar 160.000 lebih sedikit dari total pengguna Ethereum yakni 15,4 juta

polygon
Gambar: Tabel jumlah pengguna delapan blockchain di tahun 2023. Sumber: Flipside

Menariknya, Polygon memimpin angka pada pertengahan pertama tahun 2023 tetapi akhirnya disalip oleh Ethereum yang tetap memimpin sepanjang pertengahan kedua tahun tersebut.

Walaupun euforia ETF Bitcoin spot terjadi sejak tahun 2023 lalu, ternyata tidak cukup untuk membuat Bitcoin menjadi jaringan yang paling banyak digunakan. Bitcoin menempati urutan ketiga dengan 10,65 juta pengguna.

Sejumlah total 62 juta pengguna yang diakuisisi tercatat dari delapan blockchain yang dilacak, termasuk Solana, Arbitrum, Optimism, Avalanche, dan Base.

Gambar: Diagram batang total jumlah pengguna per bulan di tahun 2023. Sumber: Flipside

Flipside mencatat bahwa akuisisi pengguna mencapai puncaknya pada bulan Mei 2023 sebelum jumlah pengguna yang diakuisisi secara bertahap menurun di bulan berikutnya.

Baca juga: PRC-20 Buat Gas Fee Polygon Naik 1.000 Persen!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.