Berita Bitcoin · 8 min read

Polisi Kanada Investigasi Terkait Kasus Penipuan Bitcoin

Royal Canadian Mounted Police, atau RCMP, sedang menyelidiki dua penipuan Bitcoin (BTC) di Strathcona County Alberta, Kanada. Modus penipuan ini diduga dengan menyamar sebagai otoritas kepolisian setempat dalam memeras korban mereka.

Dilansir dari The Sherwood Park News pada 16 Juni 2020 lalu, salah satu korban menerima telepon dari seseorang yang mengaku berasal dari Canada Revenue Agency, atau CRA. Korban lainnya mengatakan penipu menyatakan dirinya adalah seorang perwira RCMP.

Menyetorkan Uang ke Mesin Bitcoin

Laporan otoritas menyatakan kedua penduduk tak dikenal di wilayah Alberta diminta untuk menarik uang tunai dari bank dan kemudian menyerahkannya ke mesin Bitcoin di sana. Mereka diberi tahu jika dana ini tidak dibayarkan, para penipu yang mengaku polisi ini akan menangkap mereka.

Korban yang dihubungi oleh perwakilan CRA palsu kehilangan hampir 12.000 CAD ($ 8.836) karena penipuan ini.

Petugas RCMP palsu ini memberitahu korban lain bahwa nomor asuransinya telah diketahui dan menyatakan bahwa ada keterkaitan dengan beberapa tuduhan penipuan. Kemudian, para penipu tersebut meminta korbannya untuk menarik uang dari bank dan kemudian, seperti dalam kasus lain, menyerahkan uang tersebut ke sebuah kios Bitcoin.

Baca juga: Buronan FBI Penipuan Bitcoin, Russ Medlin, Dibekuk Atas Kasus Prostitusi Anak di Bawah Umur

Jumlah Total yang Hilang Dalam Penipuan Bitcoin Ini

RCMP menyatakan kerugian yang dialami korban-korban penipuan tersebut berjumlah lebih dari 21.000 CAD ($ 15.460). Kepolisian setempat memperingatkan masyarakat untuk segera menghubungi RCMP jika mereka mengalami upaya pemerasan yang tampak mencurigakan. Mereka juga mengatakan agar warga segera mengakses situs web resmi Pusat Anti-Fraud Kanada untuk informasi-informasi selanjutnya.

Chantelle Kelly, petugas RCMP Strathcona County, berkomentar:

“Tidak mungkin polisi menghubungi individu mana pun untuk meminta Bitcoin. Penipu ini biasanya menghubungi ratusan orang dengan harapan seseorang akan mengirimi mereka uang. ”

Pada 2 Mei lalu, dilansir dari Cointelegraph melaporkan serangkaian email penipuan yang dikirim dari Jepang. Email tersebut meminta orang-orang untuk menyumbangkan BTC ke organisasi Olimpiade di Tokyo.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.