Hack dan Scam · 5 min read

Phishing Kripto 2023: Curi US$295 Juta dari 324.000 Akun

Phishing kripto 2023

Platform Scam Sniffer melaporkan sepanjang tahun 2023 sekitar 324.000 akun menjadi korban penipuan phishing yang mencatut aset kripto. Kerugian yang ditaksir mencapai US$295 juta.

Gambar: Jumlah aset yang dicuri dan korban phishing. Sumber: Scam sniffer.

Salah satu penipuan phishing terbesar tercatat terjadi pada 11 Maret dengan kerugian US$7 juta. Sebagian besar disebabkan oleh fluktuasi nilai USDC, karena korban menemukan situs web phishing yang meniru identitas Circle. Ada juga pencurian besar-besaran menjelang tanggal 24 Maret, ketika Arbitrum diretas.

Baca juga: Serangan Phishing Kripto Meningkat 40% dalam Satu Tahun

Metode Phishing Making Canggih

Metode penipuan phishing yang menelan banyak korban ini dianggap semakin canggih. Tidak hanya terjadi melalui SIM swap dan airdrop palsu, tetapi juga melalui iklan Google dan Twitter serta publikasi tautan di discord.

Laporan Scam Sniffer menjelaskan situs phishing umumnya mendapatkan trafik organik dengan melakukan airdrop palsu atas aset kripto atau non fungible token (NFT). Mereka juga mengambil alih tautan Discord yang kedaluwarsa dan meninggalkan komentar dan sebutan spam di X.

Sementara itu, dua Wallet Drainers terkenal, Inferno dan Monkey Drainer, menjadi wallet yang melakukan pencurian besar-besaran, menguras lebih dari US$81 juta dan US$16 juta selama beberapa bulan.

Wallet Drainers adalah malware terkait kripto yang dikerahkan di situs web phishing untuk memberikan akses tidak sah kepada pelaku ancaman terhadap akun korban yang tidak menaruh curiga.

Baca juga: Pig Butchering Jadi Tren Penipuan Kripto di 2022

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.