Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 7 min read

Pesan pada Halving Bitcoin Ketiga, Mengingatkan Alasan Bitcoin Tercipta

Penambang yang mengekstraksi blok Bitcoin ke 630.000 (sehingga memicu halving yang ketiga dari blok reward Bitcoin ini), memberi penghormatan kepada pencipta Bitcoin dengan Hidden Message atau pesan tersembunyi yang mereka selipkan pada blok mereka sendiri. Pesan tersebut seperti ini, 

NYTimes 09/Apr/2020 With $2.3T Injection, Fed’s Plan Far Exceeds 2008 Rescue

yang dalam Bahasa Indonesia berbunyi: NYTimes 09/Apr/2020 Dengan Injeksi $ 2.3T, Rencana Fed Jauh Melebihi Rencana Penyelamatan tahun 2008

Pesan tersembunyi tersebut merujuk pada artikel New York Times mengenai tanggapan The Fed terhadap krisis ekonomi yang sedang berlangsung.

Template yang digunakan oleh F2Pool (para penambang yang menambang blok 630.000) ini juga merupakan kiasan yang mengacu pada pesan yang disampaikan oleh pencipta Bitcoin pada blok pertama jaringan Bitcoin yang terjadi lebih dari satu dekade lalu:

The Times 03/Jan/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks

Yang jika ditelusuri lebih lanjut, pesan tersembunyi ini mengacu pada headline koran berita The Times pada 3 Januari 2009 silam.

Dalam Bahasa Indonesia, akan berbunyi seperti ini. The Times 03/Jan/2009 Kanselir Dalam Ambang Aksi Bailout Kedua pada Banyak Bank

Bitcoin Sebagai Alternatif dari Sistem Keuangan Saat Ini

Satoshi Nakamoto meluncurkan Bitcoin di tengah-tengah krisis keuangan pada 2008-2009 silam sebagai alternatif dari sistem saat ini, dan dengan pesan yang disandikan ini (mengacu pada artikel lain mengenai dana talangan bank sentral), ia menyebarkan niat dan ide ini kepada dunia di atas fondasi dari blockchain Bitcoin itu sendiri.

Perlawanan rasanya tidak bisa lebih tajam lagi. Event halving Bitcoin ketiga ini, yang juga berada dalam masa krisis ekonomi yang lebih luas dan adanya ketidakpastian ekonomi makro, pesan F2Pool ibarat memberikan tongkat estafet untuk tetap mengingat tujuan inti bitcoin. Gestur ini dirasa sangat mendalam untuk para pendukung inti Bitcoin.

Membawa Bitcoin seolah-olah sebagai alternatif dari sistem keuangan saat ini seperti yang dia lakukan, Satoshi memberikan penulisan naskah yang sangat baik untuk peristiwa halving Bitcoin, apalagi peristiwa ini bertepatan dengan waktu ketika saham-saham memburuk bersamaan juga dengan rekor jumlah pengangguran yang meningkat tajam. 

Baca juga: Pelaku Pasar Crypto Prediksi Harga Bitcoin Pasca Halving, dari $8.000-$20.000!

Sistem keuangan saat ini sedang melakukan decoupling atau “keterlepasan” dari kenyataan. Hal ini terjadi karena Federal Reserve mencetak tanpa henti, yang pastinya selaras dengan inflasi yang juga akan meningkat. Di lain sisi, setelah halving ini tingkat inflasi pada Bitcoin menjadi lebih konsisten dan tidak berubah.

Mereka yang berada dalam F2Pool benar-benar ingin memberikan pesan pada dunia melalui titik-titik referensi ini agar dunia kembali meninjau hal-hal terkait untuk peristiwa halving selanjutnya.

Sumber 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.