Persib Bikin Token Kripto! Rangkul Bobotoh dan Viking

Naufal Muhammad

9th June, 2022

Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung atau Persib terlihat melakukan inovasi baru dalam rangka merangkul suporter lebih dekat. 

Inovasi yang dilakukan adalah penerbitan Fan Token yang merupakan sebuah token yang diterbitkan untuk suporter agar dapat memiliki manfaat baru.  

Persib Terbitkan Token Kripto Bersama Socios

Persib dikabarkan menerbitkan token baru yang ditujukan untuk merangkul suporter tim sepak bolanya lebih dekat. 

Langkah ini dilakukan mengikuti beberapa tim sepakbola internasional lain yang telah menerbitkan token untuk suporternya masing-masing. 

Persib Bikin Token Kripto! Rangkul Suporter Lebih Dekat
Situs Resmi Persib

Penerbitan token ini dilakukan bersama Socios yang telah berhasil menerbitkan sekitar 50 token untuk tim sepakbola hingga olahraga lainnya.

Kerja sama dengan Socios ini adalah sebuah kerja sama bersejarah, karena Persib menjadi tim olahraga pertama di Indonesia yang memiliki token kripto sendiri.

Langkah ini tidak hanya ditujukan untuk suporternya yang berada di Indonesia saja, namun justru untuk merangkul pendukungnya di seluruh dunia. 

Menurut pernyataan dari Direktur Utama Persib, langkah ini dilakukan karena Persib adalah tim sepakbola yang terbuka terhadap inovasi dan teknologi baru. Menurut pernyataannya dalam IDNTimes ia juga menyatakan bahwa, 

“Persib Fan Token akan menjadi sebuah media dan instrumen yang efektif bagi kami, karena dapat menjangkau banyak basis pendukung digital global kami yang jumlahnya lebih dari 20 juta, menjadi lebih dekat dengan klub kebanggaannya.”

Menurutnya, langkah ini juga adalah peluang baru untuk mendapatkan keuntungan serta keakraban baru dengan para pendukung Persib. 

“Bersama Socios.com, kami percaya dapat menawarkan peluang baru bagi seluruh basis pendukung Persib, Bobotoh baik di Indonesia maupun di seluruh dunia untuk terlibat lebih dalam, lebih dekat dan menjadi yang terdepan bersama klub kebanggaannya, Persib” Ujarnya. 

Nantinya token tersebut akan memberi manfaat kepada para pemiliknya, terutama jika ia adalah suporter Persib. 

Persib Bikin Token Kripto! Rangkul Suporter Lebih Dekat
Persib di Situs Resmi Socios

Token tersebut akan berguna untuk memberi beberapa hadiah gratis termasuk akses VIP kepada pertandingan sepakbola serta kesempatan untuk bertemu pemain Persib kepada pemilik token. 

Untuk saat ini masih belum dirincikan oleh Persib mengenai bagaimana imbalan yang akan diberikan. Tapi umumnya ini adalah manfaat yang diberikan Fan Token, terutama jika yang diterbitkan oleh Socios.

Fan Token Terus Bertambah

Fenomena Fan Token ini bukan fenomena yang baru karena sebelumnya telah banyak olahraga yang membuat token kripto jenis ini. 

Socios merupakan salah satu pemimpin di dunia penerbitan token kripto terkait Fan Token sehingga umumnya tim olahraga akan menuju kepadanya. 

Persib Bikin Token Kripto! Rangkul Suporter Lebih Dekat
Fan Token Socios

Untuk saat ini terlihat yang sudah aktif diperdagangkan adalah sekitar 50 Token langsung diterbitkan oleh Socios. 

Tidak hanya tim sepakbola, terlihat bahwa terdapat beberapa olahraga lain, bahkan terdapat satu cabang olahraga yang membuat tokennya sendiri yaitu UFC atau Ultimate Fighting Championship. 

Terdapat beberapa cabang yang saat ini memiliki banyak token resmi diterbitkan oleh Socios. Saat ini terdapat sembilan kategori yaitu Sepakbola, Gaming, Pertarungan, Balap, Basket, Tenis, American Football, Hockey, dan Baseball. 

Persib Bikin Token Kripto! Rangkul Suporter Lebih Dekat
Kategori Token di Socios

Socios berdiri pada jaringan Chiliz (CHZ) yang juga terkenal dalam membentuk beberapa proyek terkait Non Fungible Token atau NFT

Fenomena Fan Token ini sebelumnya dimulai oleh beberapa tim sepakbola besar seperti Juventus dan AC Milan. 

Tidak hanya untuk hadiah, namun Fan Token ini bisa digunakan untuk sistem governance yang umum di dunia kripto. 

Maksudnya adalah pemilik Fan Token dapat memberi suara terhadap suatu keputusan dalam tim, seperti pembelian atau penjualan pemain. 

Kedepannya kemungkinan besar akan semakin banyak tim olahraga yang mengadopsi teknologi ini. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.