Berita Blockchain · 7 min read

Persaingan Sepak Bola Bukan Saja di Lapangan, Melainkan Merambah ke Blockchain

Suporter kerapkali menjadi pemain ke-12 yang rela mati-matian mendukung tim kesayangannya saat menjalankan pertandingan sepak bola. Bahkan, kecintaan suporter dengan tim kesayangannya bisa ditunjukkan melalui berbagai halnya seperti nonton langsung ke stadion, ataupun terlibat dalam pembelian merchandise dari klub sepak bola tersebut.

Sebab, saat ini sepak bola sudah menjadi suatu ranah bisnis yang menggiurkan bagi para pelaku industri sepak bola. Baik itu dari hak siar, sponsor, penjualan tiket, penjualan jersey klub, dll. Oleh sebab itu, saat ini beberapa klub sepak bola di luar sana sedang membuat sebuah komunitas yang mengakomodir segala kebutuhan suporter dari penjualan tiket, pembelian jersey, lelang jersey sesama suporter, dan sebagainya.

Semua itu bisa diakomodir dengan adanya bantuan platform blockchain, hal ini sudah digunakan oleh beberapa klub sepak bola dan klub olahraga lainnya. Contohnya, Trabzonspor yang memanfaatkan blockchain lewat aplikasi Socius.

Di mana, penggemar Trabzonspor bisa terlibat dalam voting dan jajak pendapat. Pemenang dari voting nantinya dihadiahi tiket nonton VIP pertandingan, dan bertemu pemain idolanya saat pandemi Covid-19 sudah berlalu.

“Situasi ini sangat menarik, kolaborasi antara tim dan Socius memungkinkan kami mengembangkan peluang pemasaran, dan inovasi lainnya dalam dunia digital. Saya yakin fans tim kami akan membuat slogan “Everywhere is Trabzon For Us” menjadi lebih bermakna dengan ketertarikan mereka pada $ TRA Fan Token Oferring, yang akan kami mulai pada bulan depan.

Tentunya hal ini bisa semakin mendekatkan interaksi antara fans dengan klub yang sempat terganggu akibat Covid-19. Di mana, seperti diketahui liga Turki kembali bergulir dan akan dihadiri oleh penonton namun masih dibatasi jumlahnya untuk datang  langsung ke stadion sebesar 30% dari kapasitas penonton di stadion tersebut mulai Oktober nanti.

Aplikasi Socius ini memang sangat efektif bagi klub-klub profesional di luar sana yang memiliki basis suporter yang sangat besar seperti Trabzonspor, yang ingin mengembangkan pemasaran klub lewat dunia digital dengan bantuan blockchain. Tentunya hal ini merupakan inovasi pemasaran baru bagi klub olahraga dalam pemanfaatan blockchain yang semakin mendekatkan fans dan klub.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.