Berita Blockchain · 5 min read

Perkembangan Blockchain di Indonesia

“Indonesia peluang bisnisnya beragam, mulai dari agrikultural sampai dengan finansial inclusion.” Begitulah yang diungkapkan oleh Founder Indonesia Blockchain Academy, Scott Moses Sunarto saat ditemui pada (17/11/18) di Indonesia Blockchain Hub, Jakarta Selatan ketika mengadakan workshop pelatihan pemrogaraman blockchain yang diperuntukan bagi pemula maupun praktisi IT dengan tema ‘Belajar Membuat Aplikasi Terdesentralisasi di Blockchain Melalui Media Pembuatan Game’. Menurutnya, Blockchain kedepannya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di dalam dunia bisnis Indonesia. Karena blockchain memakai kelebihan tersendiri yang bisa membantu hal itu menjadi signifikan.

Indonesia Blockchain Academy sendiri turut andil dalam perkembangan Blockchain di Indonesia, mereka memiliki goals yaitu ingin mengedukasi publik tentang platform yang mereka buat. Pada saat workshop pun difokuskan kepada training yang dimana mereka bisa latihan coba-coba explore sendiri. “Bukan hanya dari aspek bisnis saja, namun juga aspek technicalnya.” Dan kebetulan IBA sudah bekerja sama dengan Lum Network dalam hal kurikulum pembelajaran. “Kedepannya kita juga akan lebih lebih fokus ke training mendalam selama beberapa bulan untuk orang-orang yang ingin masuk ke dunia perblockchainan. Kita juga ingin bikin workshop & goes to campus.”

Baca jugaBitcoin pada Blockchain Ethereum? Selamat datang di 2019!

Ia juga mengungkapkan, sebenarnya sudah lumayan banyak perusahaan blockchain yang berdiri di Indonesia, namun sayangnya rata-rata perusahaan tersebut menggunakan Sumber daya tenaga ahli dari luar negeri. Lebih lanjut ia mengatakan, “Kita ingin menyeimbangkan antara supply & demand untuk blockchain developer dan ahli-ahli blockchain di Indonesia.”

Terakhir, ia berbagi tips jika kalian yang ingin coba-coba mengenal blockchain secara otodidak, “Jangan hanya terpaku kepada satu sumber, karena informasi mengenai blockchain masih sangat awam. Ilmu-ilmu bagus terperncar dibanyak tempat.” Namun yang menurutnya efektif adalah dengan mengambil beberapa sumber informasi, lalu dijadikan satu. Seperti yang dilakukan dirinya saat mengajar di Indonesia Blockchain Academy. “Kuncinya satu, openminded sama sumber-sumber baru. Harus paham fundamental dan cara kerja didalamnya. Dan yang terpenting adalah inisiatif sendiri.”

Baru-baru ini Indonesia Blockchain Academy mengganti websitenya menjadi Friends with Blockchain.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.