Berita Bitcoin · 8 min read

Peristiwa Berkaitan Kripto yang Perlu Diperhatikan di 2024

Peristiwa kripto di 2024

Tahun 2024 telah diawali antusiasme pasar kripto dengan kenaikan harga Bitcoin di atas US$45.000 dan kenaikan sebagian besar altcoin. Di lembaran baru tahun 2024 ini, terdapat beberapa peristiwa berkaitan dengan market kripto yang baik untuk diperhatikan.

Keputusan Persetujuan ETF Bitcoin Spot

Munculnya ETF Bitcoin spot telah dimulai pada Juni 2023 lalu yang ditandai dengan raksasa Wall Street, BlackRock mengajukan permohonan perdagangan produk ETF Bitcoin spot. Sejak saat itu telah ada 13 perusahaan yang mendaftarkan produk yang sama.

Menurut analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas dan James Seyffart memprediksikan bahwa ETF Bitcoin spot akan disetujui pada 10 Januari 2024 dengan peluang di atas 90%.

Peristiwa ini layak untuk diantisipasi sebab kemungkinan besar sell the news yang akan membuat harga Bitcoin koreksi beberapa hari setelah ETF disetujui. Per artikel ini dibuat (2/1/24), terhitung dari Juni 2023 ketika ETF Bitcoin spot diajukan, harga Bitcoin telah meningkat sekitar +80% dari US$25.000 ke US$45.800. Melihat kenaikan ini, maka ada potensi pengambilan profit setelah persetujuan ETF diumumkan.

Namun, setelah koreksi terjadi selama satu bulan kedepan setelah pengumuman persetujuan, kemungkinan Bitcoin akan mengalami rebound dan melanjutkan tren bullish.

Baca juga: Keputusan ETF Bitcoin Spot Makin Dekat, Momentum Sell The News Menguat

Bitcoin Halving

Berdasarkan hitung mundur Coinmarketcap, Bitcoin halving akan terjadi sekitar 114 hari atau pada 25 April 2024 per artikel ini ditulis (2/1/24). Bitcoin halving sangat dinantikan oleh komunitas kripto sebab secara historis memicu tren bullish pada market kripto.

kripto bitcoin halving
Gambar: Hitung mundur Bitcoin halving. Sumber: Coinmarketcap

Melihat pergerakan harga di saat halving sebelumnya, terdapat hal yang konsisten tepatnya sebulan sebelum halving dan enam bulan setelah halving. Pada periode ini, harga Bitcoin selalu menunjukkan kenaikan pada ketiga halving sebelumnya.

Gambar: Data historis harga BTC pra dan pasca halving. Sumber: Coinvestasi

Jika pola ini berulang, maka sekitar bulan Maret 2024 atau sebulan sebelum halving adalah waktu yang bagus untuk membeli Bitcoin dan kripto lainnya. Selain itu, hal ini bertepatan dengan konsekuensi persetujuan ETF Bitcoin spot yang kemungkinan akan membuat market kripto koreksi, kemudian membeli kripto kembali di bulan Maret 2024.

Baca juga: Menuju Bitcoin Halving 2024: Semua yang Perlu Dipersiapkan Investor

Keputusan Suku Bunga The Fed

Pertemuan FOMC dengan pembahasan tentang suku bunga, layak untuk diperhatikan sebab The Fed memiliki rencana untuk memangkas suku bunga di tahun 2024. Pemangkasan suku bunga umumnya akan berakibat baik bagi instrumen investasi yang lebih berisiko, seperti kripto.

Suku bunga AS saat ini berada pada 5,50%. Berdasarkan data CME Watchtool, peluang penurunan suku bunga yang dominan diprediksikan terjadi pada FOMC 20 Maret 2024 dengan 71,9% peluang bahwa suku bunga akan turun ke 5,25%.

Gambar: Peluang keputusan suku bunga AS. Sumber: CME Watchtool

Tak hanya itu saja, diproyeksikan pada FOMC 1 Mei 2024, 69,5% peluang suku bunga akan turun ke level 5,00%. Selanjutnya pada FOMC 12 Juni 2024, diperkirakan bahwa peluang 68,5% suku bunga akan turun ke 4,75%. Dengan kata lain, terdapat kemungkinan suku bunga AS akan turun sebesar 75 basis poin dalam enam bulan ke depan.

Jika ini benar terjadi, maka akan sangat mendukung momentum tren bullish market kripto yang biasanya berlanjut setelah Bitcoin halving.

Pemilu Presiden AS

Sebulan sebelum penghujung tahun, yakni 5 November 2024 terdapat peristiwa pemilihan umum Presiden Amerika Serikat. Per artikel ini ditulis (2/1/24), belum ada calon yang diumumkan akan maju ke pemilu. Namun kemungkinan besar pemilu Presiden AS kali ini akan mempertemukan petahana Joe Biden dari Demokrat, dan Donald Trump dari Republik.

Dari sudut pandang pengamat kripto, terlihat kontras yang jelas tentang keberpihakan kepada kripto. Joe Biden dengan rekam jejak banyak perusahaan kripto yang dijegal SEC di masa kepemimpinannya, dengan Donald Trump yang melibatkan dirinya dalam penjualan NFT.

Namun bahasan tidak lebih jauh dari ini, sebab belum ada calon yang pasti dalam pemilu Presiden AS mendatang. Tetapi pasar kripto kemungkinan akan menghadapi volatilitas mendekati hari pemilihan.

Baca juga: Donald Trump Rilis Koleksi NFT Ketiga, Segini Harganya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.