Berita Regulasi · 7 min read

Perdagangan OTC untuk Mengamankan Investasi Institusional

Dengan maraknya tren berinvestasi Bitcoin, pertukaran crypto di Amerika Serikat dan penyedia wallet Coinbase mengumumkan perdagangan over-the-counter (OTC) untuk pelanggan institusi pada 27 November. Perdagangan OTC memungkinkan investor untuk melakukan perdagangan langsung dengan satu sama lain. Ini berarti bahwa pengguna institusi perusahaan tidak akan berdagang melalui pertukaran kripto atau perantara.

Inisiatif perdagangan Coinbase terbaru dimulai pada tanggal 6 Juni, ketika Presiden dan COO Asiff Hirji menjelaskan bahwa mendapatkan lisensi peraturan akan memungkinkan perusahaan untuk memulai “jalur untuk menawarkan layanan masa depan yang mencakup perdagangan efek kripto, margin dan over-the-counter (OTC ) perdagangan, dan produk data pasar baru.” Coinbase sendiri bukan satu-satunya mata uang cryptocurrency yang telah mencapai keuntungan dalam hal menarik pelanggan dari investor institusional.

Pada 4 Desember, pertukaran cryptocurrency yang berbasis AS, Poloniex juga melaporkan peluncuran layanan institusional mereka sendiri. Sama seperti pesaingnya, Coinbase, Poloniex terus meningkatkan jumlah layanan yang ditawarkan kepada pelanggannya dengan menggunakan akun khusus Poloniex. Poloniex saat ini merupakan pertukaran crypto terbesar ke-47 di dunia.

Baca JugaCoinbase, Bursa Crypto Terbesar Keluarkan Terobosan Baru!

Pada 30 November 2018, Sberbank, perusahaan perbankan dan jasa keuangan milik negara Rusia, dan Interros, yang berbasis di Moskow, memproses transaksi pembelian kembali valuta asing OTC melalui blockchain, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

Meskipun skala atau nilai transaksi belum diungkapkan kepada publik, Kepala Pasar Global dan Wakil Presiden Sberbank Andrei Shemetov mengindikasikan bahwa “jumlah tersebut sesuai dengan volume rata-rata transaksi repo interdealer.”

Shemetov juga mengatakan kepada Reuters bahwa kesepakatan itu sepenuhnya mengikat secara hukum dan “disimpulkan dalam format elektronik menggunakan kontrak dan tanda tangan digital melalui platform TI Sberbank.” Shemetov juga optimis terhadap prospek masa depan blockchain untuk meningkatkan layanan yang ditawarkan oleh bank,

“Dalam jangka panjang, transaksi melalui platform blockchain akan mengurangi biaya transaksi dan kesalahan melalui sistem yang otomatis, serta meningkatkan transparansi dan kepercayaan di antara semua pengguna di pasar keuangan.”

MV Index Solutions, anak perusahaan dari VanEck yang mengembangkan, memonitor dan melisensikan indeks-indeks Meluncurkan indeks Bitcoin berdasarkan tiga poin utama OTC pada bulan November.

Indeks MVIS mencakup beberapa kelas aset, termasuk pasar pendapatan tetap, aset digital, dan ekuitas. MVIS Bitcoin AS. OTC Spot Index (MVBTCO) menggunakan feed dari penyedia likuiditas OTC besar, termasuk Circle Trade, Genesis Trading, dan Cumberland.

Direktur Strategi Aset Digital VanEck, Gabor Gurbacs, menyatakan keyakinannya bahwa indeks OTC baru mereka akan menguntungkan tren yang sedang berlangsung di pasar crypto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Felita Setiawan

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.