Pentingnya Regulasi Dalam Pertumbuhan Pasar Crypto

By Aulia Medina     Friday, May 3 2019

Mantan ketua Commodity Futures Trading Commission (CFTC) Gary Gensler mengatakan bahwa pasar cryptocurrency membutuhkan regulasi untuk tumbuh bekembang, karena konsumen harus dilindungi. Gensler berbagi pandangannya dengan Cointelegraph di acara Business of Blockchain di Massachusetts Institute of Technology pada 2 Mei.

Berbicara tentang perspektif tentang layanan dan produk seperti dana pertukaran perdagangan (ETF) penahanan dan bitcoin (BTC), Gensler berpendapat bahwa agar pasar makmur dan berpotensi tumbuh, investor harus tahu bahwa mereka memiliki perlindungan investor dan konsumen yang terkandung dalam hukum dalam hal manipulasi pasar atau kehilangan kunci pribadi, di antara masalah lainnya

Ketika ditanya apakah ETF bitcoin akan berdampak jika disetujui, Gensler menyatakan “Securities and Exchange Commission  [SEC] sedang melakukan pekerjaan mereka untuk memastikan bahwa jika ada dana yang diperdagangkan di bursa, bahwa pasar itu sendiri adalah untuk dana yang diperdagangkan di bursa tersebut dan bitcoin atau ethereum yang mendasarinya yang dirujuknya tidak benar-benar rentan terhadap manipulasi.”

Baca juga: Regulasi Baru Uni Eropa Akhiri Pembelian Bitcoin Secara Anonim

Menurut Gensler, penting untuk memastikan pasar secara tepat diawasi, cukup matang, dan bahwa peluang manipulasi kecil atau sangat terbatas.

Pada MIT Bitcoin Expo 2019 yang diadakan di bulan Maret lalu, Gensler menyampaikan argumen yang mendukung perluasan peraturan tingkat nasional atas spektrum yang lebih luas dari perdagangan crypto, mengoordinasikan pencegahan pencucian uang dan mengatasi perbedaan peraturan dan penegakan hukum saat ini di berbagai negara.

Pada konferensi yang sama, Komisaris SEC Hester M. Peirce menganjurkan untuk peraturan yang lebih ringan bila mungkin, Hester juga menegaskan bahwa penawaran keamanan harus mematuhi persyaratan pendaftaran SEC.

Kemarin, ketua CFTC saat ini Christopher Giancarlo mengatakan bahwa agensi tersebut mengharapkan lebih banyak aplikasi untuk membuka clearing house, hal ini didorong oleh meningkatnya minat pada cryptocurrency, khususnya bitcoin.

Sumber