Regulasi Baru Uni Eropa Akhiri Pembelian Bitcoin Secara Anonim

By Aulia Medina     Tuesday, April 2 2019

Salah satu tempat terakhir dimana Anda dapat membeli Bitcoin $BTCâ–²2.32% secara anonim online akhirnya telah menerapkan peraturan baru yang membuat mustahil bagi para pengguna untuk menyembunyikan identitas mereka.

LocalBitcoin.com mengumumkan kemarin bahwa diterapkannya tindakan baru ini untuk memuaskan 5th Anti-Money Laundering Directive (5AMLD) Uni Eropa (UE). Perubahan tersebut mulai berlaku dari 18 Maret dan LocalBitcoins adalah exchange pertama di Eropa yang menyelaraskan bisnisnya dengan pedoman 5AMLD.

Untuk memenuhi aturan marketplace Bitcoin online membuat pengguna baru mendaftar melalui proses pendaftaran akun baru. Ini akan mewajibkan pengguna untuk memverifikasi informasi dasar mereka, dan mengorban beberapa anonimitas.

LocalBitcoin masih belum menyatakan jika pengguna pada saat ini akan diminta untuk menyelesaikan proses verifikasi. Meskipun demikian, sepertinya ini akan terjadi.

Terlebih lagi, LocalBitcoins juga mengembangkan proses verifikasi identitas baru dengan tanggal rilis yang masih belum diungkapkan. Mereka akan memperkenalkan 4 level akun untuk pedagang individu. Mereka akan diberikan peringkat dalam perdagangan dan volume transaksi BTC. Exchange tersebut berharap ini akan menyoroti pedagang yang bisa dipercaya daripada yang kurang bisa dipercaya. Pedagang korporat akan dikenakan proses terpisah, walaupun begitu LocalBitcoins masih belum mengungkapkan rinciannya.

Baca juga: Generasi Milenial, Generasi Investor Bitcoin

Anggota negara UE telah diberikan waktu hingga Januari 2020 untuk menerapkan arahan. Tetapi Finland, negara dimana LocalBitcoins berbasis telah menyusun anggota undang baru.

Ini akan membawa Gerakan Anti Pencucian Uang sejalan dengan arahan UE yang baru. Regulasi baru Finlandia akan mulai berlaku penuh pada November 2019 tetapi LocalBitcoin tetap maju dan memperbaharui prosedurnya.

Bagaimana 5AMLD mempengaruhi cryptocurrency?

Ada tiga regulasi utama di 5AMDL Uni Eropa yang akan mempengaruhi bisnis cryptocurrency.

Pertama, ini akan mewajibkan cryptocurrency untuk menyerahkan laporan aktivitas mencurigakan dan melakukan uji performa pelanggan yang juga dikenal sebagai know-your-customer (KYC).

Kedua, investigator keuangan dapat dimandatkan untuk mendapatkan alamat dan mengidentifikasi pemilik cryptocurrency, menghapus anonimitas pengguna exchange.

Dan terakhir, penyedia wallet dan exchange cryptocurrency harus teregistrasi dengan peraturan keuangan yang relevan di negara masing-masing. Seperti Otoritas Perilaku Keuangan di Britania Raya atau Securities dan Exchange Commission (SEC) di AS.

Berkat pemerintahan Finlandia, LocalBitcoins menjadi yang teratas soal regulasi. Ini menjadi pertanda akan datangnya layanan exchange dan dompet yang berbasis di Eropa.

Sumber