Berita Bitcoin · 6 min read

Mulai Sepi Peminat, Penjualan Bitcoin Ordinals Anjlok 97 Persen!

Debat NFT Bitcoin

Antusiasme terhadap Bitcoin Ordinals yang sempat ramai pada awal tahun 2023 ini tampaknya telah memudar. Berdasarkan data DappRadar pada 17 Agustus 2023, menunjukan bahwa NFT Bitcoin Ordinals alami penurunan volume penjualan hingga 97% sejak Mei. 

Volume perdagangan Bitcoin Ordinals. Sumber: DappRadar.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa total volume penjualan Bitcoin Ordinals menurun dari level puncak US$452 juta pada bulan Mei menjadi sekitar US$3 juta pada 14 Agustus. 

Sejalan dengan penurunan tersebut, jumlah transaksi juga menurun sekitar 97% menjadi 20.571 dibandingkan dengan tiga bulan lalu yang mendapatkan jumlah transaksi sebesar 832.648

Dalam laporannya DappRadar menyebutkan penjualan yang menurun itu merupakan tanda berkurangnya antusiasme dan mungkin kepercayaan pada NFT Bitcoin. 

Laporan juga menulis, apabila penurunan terus konsisten, maka dikhawatirkan dapat mengarah pada masalah yang lebih luas. Ini menunjukkan bahwa semakin sedikit pedagang yang terlibat dengan Bitcoin Ordinals bisa memperpendek umur proyek tersebut dan relevansinya di ruang NFT.

“Beberapa bulan mendatang akan sangat penting dalam membedakan apakah ini merupakan kemunduran sementara atau indikasi masalah yang lebih sistemik untuk NFT berbasis Bitcoin,” tulis DappRadar dalam laporannya. 

NFT di Ethereum dan Polygon Masih Ramai Peminat

Bitcoin Ordinals mengalami penurunan paling parah dibandingkan dengan pasar NFT yang bekerja di blockchain Ethereum dan Polygon yang sudah lebih dulu dikenal di pasar NFT.  

Menurut data CryptoSlam, jaringan Bitcoin saat ini berada di peringkat ketujuh dalam hal volume penjualan NFT selama 30 hari terakhir, dengan US$14,6 juta yang dihasilkan dari 21.989 pembeli.

Ethereum dan Polygon masing-masing berada di posisi pertama dan kedua, dengan volume penjualan NFT US$250 juta dan US$34 juta, dengan 124,261 ribu dan 157,799 pembeli di periode waktu yang sama.

Baca juga: Protokol NFT Ordinals di Ekosistem Bitcoin Memicu Pro-Kontra

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun. Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.