Berita Bitcoin · 7 min read

Penggunaan Crypto Di Sistem Pajak Brasil Sebabkan Pro Kontra

Kepala asosiasi perdagangan utama Brasil, Federasi Industri Negara Bagian São Paulo (FIESP), mengatakan bahwa warga Brazil dapat memulai penggunaan crypto untuk menghindari pajak.

Cointelegraph Brazil melaporkan pada 25 Juli bahwa Paulo Skaf, presiden FIESP, menyatakan keprihatinannya atas proposal reformasi pajak baru-baru ini oleh Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Dia dilaporkan memperingatkan bahwa sistem pajak baru dengan penggunaan crypto dapat memaksa warga menggunakan crypto seperti Bitcoin (BTC) untuk tujuan penggelapan pajak.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan surat kabar lokal Folha de São Paulo, Skaf mengkritik reformasi pajak yang akan datang, ia menyebutnya sebagai kesalahan yang akan menjadi undangan untuk menghindari pajak dan menyebabkan situasi yang tidak layak di berbagai sektor. Skaf berkata:

“Ini secara alami akan menyebabkan berubah ke bentuk pembayaran lain, seperti cryptocurrency. Ini akan menjadi tidak adil: mereka yang berdagang dalam cryptocurrency tidak membayar, dan mereka yang berdagang real akan membayar. “

Baca juga: Thailand Longgarkan Pajak Crypto, Apa Kabar Indonesia?

Pemerintah ingin menyederhanakan sistem pajak

Pres. Bolsonaro baru-baru ini mengatakan bahwa pemerintah telah berusaha untuk menyederhanakan pajak federal dengan menggabungkan sejumlah pajak yang ada menjadi satu pajak tunggal. Menurut publikasi bahasa Inggris setempat The Rio Times, perubahan pajak penghasilan diperkirakan akan diusulkan pada bulan Agustus, dengan pemerintah berencana untuk menggabungkan lima pajak konsumsi menjadi pajak federal tunggal dengan tingkat 15%.

Sementara itu, Kementerian Ekonomi Brasil baru-baru ini mengurangi separuh perkiraan pertumbuhan 2019 menjadi 0,8% karena pemerintah telah berjuang untuk mendapatkan uang tunai di tengah pendapatan yang diperas. Pada 20 Juli, Bolsonaro mengatakan bahwa pemerintah federal Brasil akan perlu memotong anggarannya sebesar 2,5 miliar real ($ 661 juta) karena pertumbuhan ekonomi yang lemah terus menekan pendapatan.

Seperti baru-baru ini dilaporkan oleh Cointelegraph, tingkat pengangguran Brasil adalah sekitar 12,5%, dengan lebih dari 13 juta orang Brasil saat ini kehilangan pekerjaan. Dalam lingkungan seperti itu, penghalang rendah cryptocurrency untuk masuk dan kemungkinan pengembalian besar telah terbukti menarik bagi banyak investor di negara ini.

Baru-baru ini, Departemen Pendapatan Federal Brasil merilis aturan baru yang mensyaratkan bahwa pertukaran cryptocurrency mengumpulkan dan melaporkan data transaksi pengguna untuk mengidentifikasi penipuan pajak.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.