Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 5 min read

Penggunaan Bitcoin di El Salvador Turun, Hanya 12% Warga Lokal Pakai BTC

adopsi btc di el salvador

El Salvador, negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal, mengalami penurunan signifikan dalam penggunaan Bitcoin.

Sebuah survei terbaru oleh Universitas José Simeón Cañas Amerika Tengah mengungkapkan bahwa hanya 12% populasi lokal yang menggunakan Bitcoin untuk transaksi pada tahun 2023, turun dari 24,4% pada tahun 2022.

Survei tersebut yang melibatkan 1.280 responden ini menyebutkan hampir setengah dari pengguna (49,7%) melaporkan hanya menggunakan Bitcoin satu hingga tiga kali untuk transaksi.

Baca juga: El Salvador Akhirnya Raih Untung dari Investasi Bitcoin

Penggunaan utama Bitcoin di El Salvador adalah untuk belanja bahan makanan (22,9%) dan barang supermarket (20,9%), diikuti oleh pembayaran di klinik hewan (15%).

Meskipun ada peningkatan kecil dalam persepsi peningkatan kualitas hidup keluarga sejak legalisasi Bitcoin, dari 3% pada tahun 2022 menjadi 6,8% pada tahun 2023, mayoritas responden (93,2%) tidak merasakan perbaikan signifikan dalam kehidupan mereka akibat penggunaan Bitcoin. Hanya 0,5% responden yang percaya bahwa Bitcoin telah berperan dalam peningkatan ekonomi El Salvador.

Bertentangan dengan korelasi positif antara adopsi Bitcoin dan kesejahteraan pribadi, survei tersebut mengungkapkan adanya keterputusan antara penggunaan kripto dan persepsi terhadap situasi ekonomi secara keseluruhan di El Salvador.

Hanya 0,5% responden yang percaya bahwa Bitcoin berperan dalam peningkatan perekonomian negara. Sebaliknya, lebih dari sepertiga responden (34,3%) mengaitkan persepsi perbaikan ekonomi dengan penurunan tingkat kejahatan (24,3%).

Survei tersebut, yang mengecualikan pertanyaan tentang investasi BTC pemerintah Salvador, mencerminkan sentimen publik terhadap kelanjutan pengeluaran pemerintah untuk BTC.

77,1% responden menyatakan keinginan mereka agar pemerintah berhenti membelanjakan uang publik untuk BTC. Terlepas dari opini publik ini, pemerintah Salvador tidak memperlambat strategi investasi BTC-nya.

El Salvador Tetap Yakin dengan Bitcoin

El Salvador telah memiliki Bitcoin sebanyak 2.798 BTC.  Negara ini juga telah melangkah lebih jauh untuk meningkatkan investasi Bitcoin mereka, salah satunya dengan berkolaborasi dengan penerbit stablecoin Tether untuk memperkenalkan “Mengadopsi Program Visa Kebebasan El Salvador.”

Pemohon diharuskan untuk menyerahkan deposit yang tidak dapat dikembalikan sebesar US$999 dalam bentuk Bitcoin atau USDT, dan pelamar yang berhasil menjalani proses verifikasi Kenali Pelanggan Anda (KYC).

Baca juga: El Salvador Tawarkan Kewarganegaraan Bagi WNA yang Sumbang Bitcoin 

Dalam perkembangan lain, Komisi Aset Digital memberikan persetujuan untuk obligasi yang didukung Bitcoin di El Salvador, yang dikenal sebagai Volcano Bonds. Menurut Kantor Bitcoin Nasional (ONBTC), obligasi ini akan dapat diakses di Bitfinex Securities, segmen teregulasi dari pertukaran mata uang kripto Bitfinex

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.