Pengguna Coinbase Sekarang Bisa Jual Beli XRP!

Aulia Medina

4th March, 2019

Rabu lalu (26/2) Coinbase Pro mengumumkan bahwa mereka telah mengaktifkan perdagangan penuh untuk pesanan XRP/BTC, XRP/USD dan XRP/EUR.

Crypto exchange Coinbase meluncurkan dukungan untuk XRP, mata uang digital terbesar ketiga oleh kapitalisasi pasar.

Exchange tersebut mengumumkannya pada Senin lalu bahwa mereka akan mencantumkan XRP ke platform perdagangan profesionalnya, Coinbase Pro, dalam mode “hanya transfer”, yang artinya nasabah hanya bisa menyimpan token untuk memulai. Setelah minimal 12 jam, rencana perusahaan tersebut untuk mengaktifkan layanan perdagangan lainnya, walaupun timeline ini beragam.

Mulanya, nasabah Coinbase Pro di A.S (terkecuali New York), Inggris, beberapa negara di Eropa, Kanada, Singapura, dan Australia akan dapat mengakses XRP dengan dukungan dari yurisdiksi yang mungkin ditambahkan dalam waktu dekat.

Baca juga: Ripple Tawarkan Bonus Jutaan XRP untuk Menarik Top Insinyur

Luncurkan Coinbase Pro

Meskipun tidak ada batas waktu tegas untuk meluncurkan dukungan pada platform ritel Coinbase (coinbase.com, serta aplikasi Android dan iOS) yang diberikan, exchange ini meluncurkan mata uang digital untuk para pengguna non-profesional dalam waktu beberapa minggu memberikan dukungan untuk Coinbase Pro.

“Data buku besar (XRP) diberdayakan oleh jaringan layanan peer-to-peer. Seluruh akun dalam jaringan ini dapat mengirim atau menerima XRP ke satu sama lainnya, sementara XRP dapat digunakan untuk mengirim mata uang fiat yang mendasari antara dua pihak,” jelas Coinbase dalam sebuah postingan blog, menambahkan:

“Dengan cara ini, XRP dapat berfungsi sebagai jembatan mata uang dalam transaksi termasuk mata uang yang berbeda seperti dollar Amerika, yen Jepang, Euro, Francs, dan lainnya yang digunakan di jaringan XRP.”

Seseorang yang tak asing dengan proses pengambilan keputusan internal Coinbase mengatakan bahwa perusahaan tersebut “bersiap-siap untuk mendukung aset namun ini diklasifikasikan oleh regulator,” merujuk pada pertanyaan terbuka apakah XRP memenuhi syarat sebagai keamanan.

Ripple Labs, anak perusahaan XRP II dan beberapa individu yang berafiliasi dengan mata uang XRP saat ini adalah terdakwa dalam gugatan class-action federal yang menuduh bahwa XRP adalah keamanan yang dikeluarkan oleh startup pembayaran, klaim tersebut ditolak oleh Ripple.

Sumber