Berita Blockchain · 5 min read

Pendiri TechCrunch, Menjual Rumah Seharga $1,6 juta Pada Platform Real Estate Blockchain

Saat ini penetrasi Blockchain sudah merambah ke berbagai bidang usaha, tak terkecuali pada bidang penjualan real estate atau properti, di mana banyak para pihak yang terlibat di dalamnya seperti penjual, pembeli, hingga agen properti terbantu dengan adanya jaringan Blockchain, yang mampu menghubungkan para pihak yang saling interaksi dalam aktivitas jual-beli sebuah properti.

Hal ini pula yang dimanfaatkan oleh salah satu pendiri TechCrunch yaitu Michael Arrington, yang dikabarkan menjual rumahnya seharga $1,6 juta pada platform real estate Blockchain, Propy.

Platform Real Estate Blockchain Propy Bantu Memudahkan Transaksi Jual-beli Properti

Propy merupakan sebuah platform real estate berbasis Blockchain yang dikembangkan untuk memperdayakan penjual, pembeli, hingga agen properti guna membantu mereka melakukan transaksi jual-beli secara online. Yang mana, baik itu surat penawaran, pembelian, dan pembayaran yang diunggah di platform Propy, semua itu akan disimpan secara digital pada Blockchain yang tidak dapat diubah.

Propy memang bukanlah sebuah platform real estate Blockchain yang biasa-biasa saja, Propy setidaknya sudah berhasil melakukan transaksi sukses sebanyak lebih dari 60 transaksi real estate melalui platform mereka di seluruh penjuru dunia, dengan biaya transaksi tertinggi untuk satu unit propertinya mencapai $2,4 juta, properti tersebut merupakan perumahan komersial yang berada di kawasan San Fransisco, AS.

Bukan hanya itu saja, Propy juga pernah membantu melakukan transaksi penjualan sebuah rumah klasik di Italia yang dibangun sejak abad ke-17 dan termasuk ke dalam daftar UNESCO.

Menurut, CEO Propy, Natalian Karayaneva, mengatakan bahwa harga rata-rata properti yang dijual pada platform Propy berkisar $1,5 juta, dimana setidaknya ada 20 agen properti yang berhasil menyelesaikan transaksinya di Propy dari 3000 agen yang sudah mendaftar.

Natalia Karayaneva percaya bahwa dalam 3 tahun kedepan mayoritas aktivitas bisnis penjualan real estate akan mengarah ke digitalisasi, dan platform Propy akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membantu proses jual-beli properti  dan pengalihan hak kepemilikan dari sebuah properti.

Propy pertama kali diluncurkan pada 2017 lalu, dengan modal awal melalui ICO dan berhasil mengumpulkan dana sebesar $15,5 juta, kabar terbaru Propy mendapatkan suntikan dana dari modal ventura (NAR) namun tak dijelaskan berapa jumlah dana yang digelontorkan untuk Propy ini.

“Proses dengan cara konvensional pada penjualan real estate berjalan begitu rumit, penuh risiko sepertipenipuan,” pungkas Arrington, Pendiri  TechCrunch.

Michael Arrington merupakan pendiri TechCrunh dan juga investor pada bidang teknologi dan Blockchain melalui perusahaan Arrington XRP Capital senilai $100 juta miliknya. Sebelumnya Arrington pernah membeli rumah dari platform Propy seharga $6o ribu di Kiev, menggunakan Blockchain Ethereum dan smart contract untuk menyelesaikan transaksi pembeliannya.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.