Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Pencarian Bitcoin di Google Alami Penurunan di Akhir 2019

anisa giovanny     Monday, December 23 2019

Google Trends for Bitcoin mengonfirmasi jika cryptocurrency sedang mengalami penurunan popularitas di seluruh dunia. Cryptocurrency yang termasuk salah satunya adalah Bitcoin.

Beberapa pasar utama BTC seperti Amerika Serikat, Inggris, Cina dan lain sebagainya. Ini juga sebagai tanda jika pada dasarnya minat mengenai koin digital ini tengah berkurang.

Penurunan ini diduga karena Bitcoin tahun 2019 tengah mengalami penurunan berkala dan belum ada tanda pulih hingga penghujung tahun ini. 

Analisis kata pencarian Google menunjukan jika di Amerika Serikat pencarian seputar Bitcoin menurun tajam di tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun di beberapa kota dan pusat bisnis, pencarian Bitcoin masih cukup tinggi namun ini tidak merata di semua lokasi.

Berbagai mekanisme dan aturan yang diadopsi pemerintah Cina terhadap aset kripto populer itu diduga sebagai sebab kenapa popularitas Bitcoin menurun. Jangka panjang dari kebijakan cryptocurrency yang terlalu kaku dan keras bisa menciptakan sentimen negatif terhadap mata uang digital tersebut.

Meskipun, dalam jangka pendeknya bisa juga menaikkan jumlah pencarian terkait dengan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya di internet.

Baca juga : Google Bitcoin Jadi Keyword Paling Dicari

Pandangan Para Ahli

Menurut para ahli dan analis, minat tentang pencarian Bitcoin sebagai kata kunci memiliki kaitan erat dengan harganya. Volatalitas harga secara positif memengaruhi pencarian, karena jika harga Bitcoin naik maka para investor akan mulai tertarik untuk mencari lebih detail soal aset kripto tersebut.

Contohnya, di bulan April tahun ini ketika harga Bitcoin mulai naik dari level $3.500 pencarian Bitcoin mulai meningkat. Sekarang, dengan harga Bitcoin yang turun, minat terhadap mata uang digital yang jumlahnya terbatas di dunia itu juga ikut turun. Beberapa insiden lainnya, seperti perhatian media dan perubahan dalam penilaian juga berdampak pada popularitas Bitcoin.

Akhirnya dapat disimpulkan jika ada korelasi langsung antara popularitas Bitcoin dan harganya. Tren positif dari Bitcoin bukan hanya bisa menarik investor tetapi juga masyarakat luas sambil membantu adopsi cryptocurrency yang lebih luas.

Penguatan popularitas Bitcoin juga bisa terbantu dengan ekosistem dan teknologi blockchain yang baik dan berlangsung dalam jangka panjang.

Sumber