Google: Bitcoin Jadi Keyword Paling Dicari

By Aulia Medina     Tuesday, April 9 2019

Volume pencarian bitcoin di mesin pencarian paling besar dunia telah meningkat seiring bersamaan dengan harga minggu ini, tercatat paling tinggi selama 6 bulan.

Sepertinya harga bitcoin bukan satu-satunya hal yang meningkat minggu ini, karena data dari analitik tren Google menunjukan bahwa bitcoin pada saat ini menjadi keyword yang paling banyak digunakan sejak November 2018.

Minggu ini, harga asli cryptocurrency melonjak lebih dari 20%  – ada spekulasi mengenai hal ini, termasuk perdagangan algoritmik, dan itu terjadi setelah dugaan pesanan gabungan $1000 juta ditempatkan dan bertindak sebagai katalis untuk pasar pada jam-jam awal pada hari Selasa.

Meningkat 90% di Bulan November

Data dari Google Trends menunjukan peningkatan yang besar dalam jumlah pencarian lebih dari seminggu ini, dengan pencapaian volume naik 90% pada November 2018.

Dengan peningkatan bitcoin secara tiba-tiba ke level yang lebih tinggi tahun ini hanya dalam beberapa jam saja minggu ini, ini mulai menjadi pemberitaan dimana-dimana sebagaimana para pakar mulai berspekulasi mengenai apakah ini tanda-tanda tren bullish lebih besar akan akan atau hanya sekedar lonjakan harga dan karakteristik cryptocurrency saja.

Lokasi global dengan pencarian tertinggi termasuk St. Helena – sebuah pulau kecil di Atlantik Selatan dimana Napoleon diasingkan, Belanda, Afrika Selatan, Nigeria, dan Austria.

Baca juga: https://coinvestasi.com/berita/regulasi-baru-uni-eropa-akhiri-pembelian-bitcoin-secara-anonim/

Lokasi global dengan pencarian tertinggi termasuk St. Helena – sebuah pulau kecil di Atlantik Selatan dimana Napoleon diasingkan, Belanda, Afrika Selatan, Nigeria, dan Austria.

Mesin pencari dan siklus pasar

Pencarian Google adalah indikator bagus siklus pasar, sebagaimana lonjakan dalam pencarian seharusnya indikasi kejadian tertentu di pasar. Beberapa investigasi mengindikasi bahwa lonjakan pasar didahului oleh periode volume pencarian yang rendah. Jelas disini, dimana volume pencarian merosot lebih atau kurang konsisten sejak Desember tahun lalu.

Pencarian Bitcoin tidak hanya terdegradasi ke Google selama puncaknya minggu ini. Baidu, mesin pencarian paling besar di Cina juga mencatat bitcoin sebagai trending no.1 dalam situs tersebut. Disamping dilarangnya ICO dan beratnya regulasi perdagangan crypto, Cina masih menjadi lahan tambang bitcoin yang besar dan sebelum hukum menekannya, Cina adalah lokan perdagangan bitcoin terbesar di dunia.

Namun, berita utama mengarah ke Google dan diharapkan aset yang melonjak 20% harus menarik minat orang. Terutama yang reputasinya seperti bitcoin. Apakah itu akan menarik minat, ini masih harus dilihat; volatilitas yang lebih tinggi kemungkinan akan menjadi atribut yang paling efektif untuk diingat orang, jadi jika bitcoin menembus level $ 5.000 atau mampu mendorong hingga $ 6.000 mungkin akan membuat perbedaan apakah bitcoin terus menjadi berita utama atau malah menghilang.

Sumber