Pemeliharaan Bermasalah Akibatkan QuadrigaCX Tidak Aktif

Aulia Medina

31st January, 2019

Menurut pengumuman dalam situs resminya pada 28 Januari, cryptocurrency exchange asal Kanada, QuadrigaCX tidak dapat diaktifkan dikarenakan adanya permasalahan dalam sistem pemeliharaannya. Exchangenya, yang mana terlibat masalah legal dengan Canadian Imperial Bank of Commerce (CIBC), tidak dapat dimasuki sebagaimana waktu press.

Beberapa pengguna exchange melaporkan bahwa tidak dapat mengakses atau menarik dana mereka selama beberapa bulan, dalam Reddit dan Twitter. Seorang pengguna bertanya, “Bukankah seharusnya Anda membiarkan konsumen Anda tahu sebelum membuat ini semakin rumit?” Beberapa pengguna Reddit memposting spekulasi bahwa exchange telah bangkrut. Salah satu dari mereka menyatakan, “Mereka akan mengumumkan kebangkrutan dikarenakan ketidakmampuan untuk menemukan bank yang cocok untuk menampung akun dan memfasilitasi transfer.”

Pada bulan Oktober 2018, exchange tersebut memperdebatkan jumlah $19.6 dengan CIBC. Globe and Mail kemudian melaporkan bahwa QuadrigaCX telah kesulitan mengakses $16.3 dananya sejak Januari, ketika IBC membekukan 5 akun yang dimiliki oleh pemilik exchange, Jose reyes dan prosesor pembayarannya, Costodian Inc.

Baca juga:Analisis Harga Cryptocurrency Per 23 Januari 2019

CIBC kemudian diminta pengadilan untuk menahan dananya dan menentukan apakah dana tersebut seharusnya milik Costodian, exchangenya, atau penggunanya yang mendepositkan dana tersebut. Ontario Superior Court lalu memutuskan mendukung bank tersebut, menyetujui pemilik dana tersebut tidak tidak jelas didirikan. CIBC lalu memutuskan untuk meloloskan dana tersebut ke Akuntan Pengadilan Tinggi dengan tujuan untuk mengidentifikasi pemilik dari uang tersebut.

Situasi tersebut semakin rumit karena kematian dari pendiri bursa, Gerry Cotten. Sebuah pernyataan mengenai meninggalnya Cotten secara mendadak, yang tidak tersedia lagi di situs yang sedang down, direferensikan oleh exchange dalam postingan Reddit. Mengikuti postingan tersebut, beberapa pengguna mempertanyakan kebenaran atas kematian Cotten, sementara seseorang mengungkapkan teori bahwa exchange tidak dapat mengakses aset di cold storage karena kuncinya hanya diketahui oleh Cotten.

Sumber