Berita

Pelabuhan Abu Dhabi Segera Terapkan Blockchain Logistik

single-image
Salah satu pelabuhan yang mengadopsi teknologi blockchain adalah Abu Dhabi, yang disebut Silsal. Teknologi ini direncanakan akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi dalam industri pengiriman dan logistik. Adposi ini akan dilaksanakan oleh Maqta Gateway LLC, merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh pelabuhan Abu Dhabi. Diharapkan, penggunaan blockchain di pelabuhan ini nantinya akan diikuti oleh industri lain untuk menunjang keamanan data perdagangan.
Pelabuhan Abu Dhabi
Menurut informasi yang dirilis oleh Construction Business News, Silsal untuk sementrara akan digunakan oleh perusahaan ekspedisi dan pelanggan mereka. Sistem baru yang diluncurkan kepada komunitas perdagangan sebagai alat pelengkap untuk mPCS (Maqta’s Port Community System). Platform ini akan berjalan pada sistem blockchain untuk menerapkan dokumentasi dan status real-time pelabuhan.

Penerapan Blockchain Pelabuhan Abu Dhabi

Pelabuhan Abu Dhabi segera menerapkan blockchain internal. Blockchain akan sangat berguna untuk mengurangi dokumen, memfasilitasi pembaruan status real-time. Selain itu, sistem yang dibangun juga akan mendorong kecepatan pertukaran informasi. Platform Silsal dikembangkan secara internal oelh Digital Innovation Lab of Maqta Gateway. Sejauh ini, platform telah diuji di lapangan dengan pelanggan strategis Pelabuhan Abu Dhabi.
CEO Maqta Gateway Dr.Noura Al Dhaheri mengatakan, bahwa blockchain merupakan langkah utama dalam digitalisasi perdagangan. Selain blockchain, Maqta Gateway telah menciptakan sistem tersendiri untuk identitas digital. Sistem ini mampu mengenkripsi semua jenis dokumen transportasi. Sehingga diharapkan akan menghilangkan kebutuhan untuk mengakses melalui kata sandi. Karena dengan menggunakan kata sandi, seringkali menyebabkan risiko kehilangan informasi atau sangat tidak aman.
Menurut data, industri logistik sangat tertarik untuk mengembangkan solusi blockchain. World Economic Forum memperkirakan bahwa teknologi blockchain dapat menghemat total biaya logistik seluruh dunia hingga 20 persen. Kemajuan ini akan terus dikembangkan, dan berharap pelabuhan lain diseluruh dunia juga menerapkan sistem yang sama untuk kemudahan dan pengurangan biaya logistik.
Pelabuhan Abu Dhabi berusaha untuk berinvestasi dalam inovasi teknologi mutakhir. Perubahan ini tidak hanya membawa manfaat besar bagi komunitas perdagangan. Tetapi juga memainkan peran dalam transformasi UEA menjadi ekonomi berbasis pengetahuan dan kompetitif. Pencapaian ini akan membantu meningkatkan posisi Abu Dhabi sebagai pusat inovasi dalam bidang logistik dan perdagangan.
Maqta Gateway akan dapat mengenkripsi semua dokumentasi transportasi. Termasuk Bill of Lading, Delivery Oder, booking, order Transportasi, dan lainnya. Sistem yang direncanakan ini akan meningkatkan arus komunikasi dan efisiensi pergerakan barang melalui proses yang transparan, aman, dan mudah digunakan.

You may also like