Berita Blockchain · 8 min read

Pelabuhan Abu Dhabi Segera Terapkan Blockchain Logistik

Salah satu pelabuhan yang mengadopsi teknologi blockchain adalah Abu Dhabi, yang disebut Silsal. Teknologi ini direncanakan akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi dalam industri pengiriman dan logistik. Adposi ini akan dilaksanakan oleh Maqta Gateway LLC, merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh pelabuhan Abu Dhabi. Diharapkan, penggunaan blockchain di pelabuhan ini nantinya akan diikuti oleh industri lain untuk menunjang keamanan data perdagangan.
Pelabuhan Abu Dhabi
Menurut informasi yang dirilis oleh Construction Business News, Silsal untuk sementrara akan digunakan oleh perusahaan ekspedisi dan pelanggan mereka. Sistem baru yang diluncurkan kepada komunitas perdagangan sebagai alat pelengkap untuk mPCS (Maqta’s Port Community System). Platform ini akan berjalan pada sistem blockchain untuk menerapkan dokumentasi dan status real-time pelabuhan.

Penerapan Blockchain Pelabuhan Abu Dhabi

Pelabuhan Abu Dhabi segera menerapkan blockchain internal. Blockchain akan sangat berguna untuk mengurangi dokumen, memfasilitasi pembaruan status real-time. Selain itu, sistem yang dibangun juga akan mendorong kecepatan pertukaran informasi. Platform Silsal dikembangkan secara internal oelh Digital Innovation Lab of Maqta Gateway. Sejauh ini, platform telah diuji di lapangan dengan pelanggan strategis Pelabuhan Abu Dhabi.
CEO Maqta Gateway Dr.Noura Al Dhaheri mengatakan, bahwa blockchain merupakan langkah utama dalam digitalisasi perdagangan. Selain blockchain, Maqta Gateway telah menciptakan sistem tersendiri untuk identitas digital. Sistem ini mampu mengenkripsi semua jenis dokumen transportasi. Sehingga diharapkan akan menghilangkan kebutuhan untuk mengakses melalui kata sandi. Karena dengan menggunakan kata sandi, seringkali menyebabkan risiko kehilangan informasi atau sangat tidak aman.
Menurut data, industri logistik sangat tertarik untuk mengembangkan solusi blockchain. World Economic Forum memperkirakan bahwa teknologi blockchain dapat menghemat total biaya logistik seluruh dunia hingga 20 persen. Kemajuan ini akan terus dikembangkan, dan berharap pelabuhan lain diseluruh dunia juga menerapkan sistem yang sama untuk kemudahan dan pengurangan biaya logistik.
Pelabuhan Abu Dhabi berusaha untuk berinvestasi dalam inovasi teknologi mutakhir. Perubahan ini tidak hanya membawa manfaat besar bagi komunitas perdagangan. Tetapi juga memainkan peran dalam transformasi UEA menjadi ekonomi berbasis pengetahuan dan kompetitif. Pencapaian ini akan membantu meningkatkan posisi Abu Dhabi sebagai pusat inovasi dalam bidang logistik dan perdagangan.
Maqta Gateway akan dapat mengenkripsi semua dokumentasi transportasi. Termasuk Bill of Lading, Delivery Oder, booking, order Transportasi, dan lainnya. Sistem yang direncanakan ini akan meningkatkan arus komunikasi dan efisiensi pergerakan barang melalui proses yang transparan, aman, dan mudah digunakan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.