PayPal Ekspansi Jasa Crypto ke Inggris, Dorong Adopsi Lebih Tinggi

Naufal Muhammad

30th July, 2021

CEO Paypal, Dan Schulman, baru saja memberikan konfirmasi terhadap kabar bahwa PayPal akan ekspansi jasa crypto ke Inggris.

Dikabarkan bahwa ekspansi tersebut akan dilaksanakan pada Agustus 2021, yang dapat menjadi sentimen positif untuk pasar.

Kabar ini cukup mengejutkan pasar akibat melihat pandangan Inggris terhadap crypto yang negatif namun tidak dianggap sebagai halangan oleh PayPal.

PayPal Ekspansi ke Inggris Bulan Depan

Saat memberikan pernyataan resmi dipublikasi keuangan PayPal kuartal kedua 2021, Schulman menyatakan bahwa ia masih percaya terhadap crypto.

Ia merasa bahwa momentum dari crypto dapat dimanfaatkan oleh PayPal dan melalui perusahaannya ia berjanji akan mendukung crypto.

PayPal dikabarkan sedang melakukan proses kerja sama dengan beberapa institusi keuangan dan bank di Inggris untuk melakukan ekspansi ini.

Dari pernyataan resmi, tujuan kerja sama ini adalah untuk mempermudah masyarakat Inggris mendapatkan jasa pembayaran dengan crypto yang cepat.

Sayangnya ekspansi ini juga tetap mendapatkan beberapa tanggapan negatif bahkan kritik akibat sistem PayPal yang tertutup.

Banyak pihak yang berargumen bahwa adopsi PayPal ke dunia crypto adalah sebuah hal yang tidak baik karena PayPal yang bergerak secara tidak transparan dan tersentralisasi.

Namun semua kritikan ini sudah ditanggapi oleh PayPal yang menyatakan bahwa mereka akan integrasi dengan pihak ketiga.

Dengan adanya pihak ketiga yang terlibat, semua alur perpindahan dana akan lebih transparan dan menghilangkan kekhawatiran pengguna.

Dalam publikasi resmi oleh CEO PayPal, dikabarkan bahwa semua sudah berjalan sesuai rencana. Namun ia tidak memberikan jadwal resmi. Ia menyatakan,

“Saat ini kami sedang bekerja untuk mencari penyimpan dana yaitu pihak ketiga. Kami juga ingin memastikan bahwa semua proses transaksi aman dan mudah juga untuk urusan pajak. Selain itu kami juga sedang mencari cara untuk integrasi antara fitur pembayaran dan perdagangan crypto di platform kami.”

Selain menyatakan tentang rencana PayPal, Schulman nampaknya juga menyinggung beberapa hal terkait revolusi sistem keuangan dan mata uang digital bank sentral.

Dorongan Terhadap Dunia Crypto Semakin Kuat

Sebelumnya, PayPal merupakan salah satu perusahaan yang terlihat memiliki pandangan negatif terhadap crypto secara menyeluruh.

Pada 2008, mantan CEO PayPal, Bill Harris, menyatakan bahwa Bitcoin adalah alat pembayaran dan tempat menyimpan kekayaan yang buruk dan aneh.

Namun di luar ekspektasi masyarakat, ternyata semua berubah dan saat ini PayPal menjadi salah satu perusahaan yang memberi jasa crypto.

Pada Oktober 2020, PayPal mengejutkan seluruh dunia saat pertama kali mengumumkan adopsinya terhadap crypto.

Saat itu, PayPal menyatakan bahwa platformnya akan mempermudah pengguna untuk melakukan perdagangan crypto di Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, PayPal juga langsung mengumumkan bahwa pengguna dapat menyimpan crypto seperti Bitcoin, Litecoin, Ethereum, dan Bitcoin Cash pada platformnya.

Saat ini PayPal telah terus maju dan terlihat bergerak ke beberapa negara lain untuk memberikan jasa crypto kepada masyarakat.

Walau masih tertuju pada Amerika dan Inggris, tidak menutup kemungkinan jasa crypto dari PayPal juga akan menyebar ke seluruh dunia.

Terkait keberadaannya dalam proses pengembangan mata uang digital bank sentral, saat ini belum ada informasi lebih.

Namun melihat pernyataan dari CEO PayPal, ada kemungkinan perusahaan tersebut akan terlibat dalam penyusunan rencana kemungkinan di Amerika.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.