Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Pasar Crypto Koreksi Setelah Jannet Yellen Menyatakan Hal Ini

Naufal Muhammad     Wednesday, May 5 2021

Mayoritas crypto dan saham Amerika terlihat tertutup menurun setelah adanya pernyataan dari Menteri Keuangan Amerika, Janet Yellen.

Pernyataan tersebut disampaikan pada Hari Selasa, 4 Mei 2021 yang membuat mayoritas pasar keuangan terlihat terdisrupsi.

Pernyataan Janet Yellen Mengguncangkan Pasar

Jannet Yellen menyatakan bahwa pemerintah Amerika memiliki kemungkinan untuk untuk kembali menaikkan suku bunga acuan.

Kabar tersebut membuat kepanikan di pasar keuangan yang membuat mayoritas aset termasuk crypto dan saham tertutup dengan “merah”.

Pernyataan tersebut disampaikan melalui konferensi virtual yang dilaksanakan kemarin 4 Mei 2021 sekitar pukul 22.00 WIB.

Ia menyatakan bahwa terdapat kemungkinan peningkatan suku bunga acuan oleh Kabinet Joe Biden akibat dirasa perlu untuk menyelamatkan perekonomian Amerika.

Yellen menjelaskan, untuk menyelamatkan perekonomian Amerika, saat ini akan terjadi beberapa perubahan dalam alokasi investasi negara.

Langkah lain adalah perubahan kebijakan, termasuk bekerja sama dengan bank sentral untuk menaikkan suku bunga acuan kembali.

Baca juga: Senat Amerika Luncurkan Konferensi Inovasi Keuangan, Mengedukasi Crypto ke Pemerintah

Namun, ia menekankan bahwa perubahan yang direncanakan akan terjadi secara “halus” dan tidak akan terjadi secara drastis.

Nampaknya tujuan Yellen merencanakan ini adalah untuk menjaga perekonomian agar tidak “overheat” atau tidak bergerak terlalu cepat.

Akibat jika perekonomian tumbuh tinggi secara cepat terdapat risiko penurunan yang juga tinggi, sama dengan semua hal dalam dunia keuangan.

Jika mengacu pada transmisi kebijakan moneter, naiknya suku bunga acuan, tabungan dan investasi aset lebih stabil menjadi lebih menarik.

Sebab, saat suku bunga turun, masyarakat lebih mengarah ke konsumsi dan investasi aset lain.

Hal ini akibat aset stabil dan tabungan memiliki suku bunga yang relatif tidak menarik.

Mayoritas Pasar Keuangan Panik Sesaat

Setelah publikasi ini dikeluarkan, mayoritas pasar keuangan nampaknya terlihat panik, salah satunya adalah pasar crypto.

Terlihat bahwa kapitalisasi pasar crypto jatuh sekitar 9,5% hanya dalam dua jam, setelah adanya kabar dari Janet Yellen mengenai suku bunga acuan ini.

Namun, saat ini pasar sudah kembali pulih akibat sudah berusaha mulai naik kembali setelah pembukaan pasar crypto pukul 07.00 WIB hari ini.

Terlihat bahwa kapitalisasi pasar crypto telah berhasil naik sekitar 5% setelah kemarin jatuh sekitar 9,5%.

Bitcoin mengalami koreksi sekitar 7% bersama beberapa crypto lainnya seperti Ethereum (ETH) yang turun sekitar 5,5%, Binance Coin (BNB) 10%, Cardano (ADA) 6,2%, dan Polkadot (DOT) 6,8%.

Namun mayoritas crypto tersebut telah bergerak pulih kembali walau belum pulih secara total dari koreksi kemarin.

Baca juga: Bitcoin Mulai Pulih Bersama Keputusan The Fed Mengenai Hal Ini

Walau terjadi koreksi, masih terdapat beberapa crypto yang mengalami apresiasi di saat mayoritas koreksi seperti Dogecoin (DOGE), Chainlink (LINK), dan Uniswap (UNI).

Pasar saham juga terkoreksi dengan indeks saham S&P 500 yang terkoreksi lebih dari 1,3% dan Dow Jones yang turun sekitar 1,31%.

Penutupan di pasar saham Amerika tersebut merupakan pertama kalinya dalam beberapa waktu nilai indeks mulai mengarah ke negatif.

Sehingga penutupan perdagangan hari ini dapat menjadi penentu. Melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang umumnya terimbas Indeks Saham Amerika, terjadi potensi penurunan.

Hal tersebut memperlihatkan mayoritas aset keuangan mengalami penurunan dengan kabar ini.

Melihat teori transmisi kebijakan moneter, hal ini menjadi masuk akal akibat sentimen masyarakat yang berubah.

Namun nampaknya koreksi tersebut hanya merupakan kepanikan akibat masih belum ada kabar resmi dan baru rencana.

Selain itu, saat ini juga belum ada tanggapan lebih dalam oleh Jerome Powell, Kepala Bank Sentral Amerika, yang lebih berwenang di bidang suku bunga acuan negara.