Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Optimism, Startup Scaling Ethereum Rilis Testnet Jaringan Terbatas

Wafa Hasnaghina     Saturday, September 26 2020

Optimism, Perusahaan startup scaling Ethereum yang membangung solusi Layer-2 menggunakan sebuah alat bernama optimistic rollup, baru-baru ini merilis testnet terbatas. 

Proses rilis secara bertahap ini memang dipilih oleh Optimism. Nantinya, jaringan akan diintegrasikan dengan sejumlah kecil aplikasi terdesentralisasi (dApps), satu per satu, secara bertahap dengan tujuan untuk mendapatkan cara terbaik untuk menekan bug yang ada. 

Baca juga: Vitalik Buterin si Pencipta Ethereum Tawarkan Solusi Scaling Transaksi ETH

dApp pertama yang akan teritegrasi dengan testnet terbatas dari Optimism ini adalah bursa pertukaran aset crypto terdesentralisasi, Synthetix. Lebih dari itu, bursa tersebut juga akan memberikan rewards kepada penggunannya yang ikut menguji jaringan Oprimism dengan 200.000 token SNX atau setara dengan Rp13 miliar.

Langkah tersebut juga merupakan kesempatan baik bagi Optimism sebelum benar-benar meluncurkan mainnet milik mereka. Selanjutnya, platform lain yang akan menguji jaringan Optimism ini adalah pertukaran terdesentralisasi UNISWAP dan juga Chainlink.

Tahapan Peluncuran Jaringan Optimism

Optimism merilis testnet tersebut ke dalam empat tahapan: Fase A, Fase B, Uji keamanan, dan Fase C.

Di fase A, hanya akan melakukan transaksi airdrop token L2 Goerli dan memungkinkan peserta untuk mint dan burn sUSD (Stablecoin dari Synthetix), dan mengklaim hadiah staking.

Selanjutnya, dalam fase B, deposit baru akan diaktifkan. Setelah itu dilakukan, akan ada airdrop L1 Goerli SNX kepada peserta yang ikut pengujian ini. Nantinya, pengguna akan dapat meningkatkan SNX yang distake setelah mereka melakukan deposit.

Dalam fase uji keamanan jaringan, contract Optimistic Virtual Machine (OVM) akan ditingkatkan dalam menambahkan kemampuan verifikasi. 

“Kami akan secara aktif melakukan bentuk penipuan dan memberi penghargaan kepada pengguna yang berhasil mengirimkan bukti penipuan,” ujar Optimism. 

Tahap terakhir, fitur withdrawals akan diaktifkan dan peserta harus berhasil melakukan penarikan untuk dapat menerima hadiah testnet mereka dalam jaringan mainnet. 

Belum ada jadwal pasti terkait dengan peluncuran testnet dan juga tahapan proses tersebut. 

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini