Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Momen-Momen Bangkit dan Jatuhnya Bitcoin

Aulia Medina     Thursday, December 13 2018

1. November 2011

Penurunan drastis pada awal-awal dirilisnya Bitcoin. Bulan Juni 2011 harga Bitcoin mencapai sekitar $32, namun setelah lima bulan tiba-tiba jatuh dratis harganya menjadi $2, turun drastis mencapai 94%. Pada saat itu, banyak investror yang tidak yakin dan tidak berharap banyak dengan dunia crypto. Dan tak banyak dari mereka yang memutuskan untuk keluar agar tidak mengalami kerugian, untuk sebagian orang yang masih bertahan sampai saat ini, itu akan menjadi pembelajaran bagi mereka dan melihat bagaimana situasi dunia crypto saat ini. Tentu saja mereka bisa dipastikan sudah menjadi jutawan bahkans miliader.

2. November 2013

Menjelang akhir tahun 2013, harga satu Bitcoin mencapai $1.200 –  mungkin angka itu wajar pada saat ini, namun pada tahun 2013 itu merupakan masalah besar. Pada minggu-minggu sebelumnya, sidang Senat Amerika Serikat telah mendukung pasar dengan menyimpulkan bahwa Bitcoin memegang janji besar, dan bahkan Bank Sentral China telah menawarkan sebuah persetujuan. Tapi itu tidak berlangsung lama. China kemudian menyimpulkan bahwa Bitcoin bukan mata uang dan mulai memberlakukan pembatasan. Tanda peringatan pertama kali muncul pada 19 November 2013, ketika harga crypto jatuh dari $755 menjadi $378. Meskipun setelahnya langsung bangkit kembali, namun pada akhir bulan mulai terjadi kemerosotan kembali dan itu menjadi tanda krisis turun harga tidak akan berakhir selama lebih dari satu tahun. Pada Januari 2015, harga merosot kembali bahkan anjlok 87% selama percobaan 411 hari.

Baca Juga: Perdagangan OTC untuk Mengamankan Investasi Institusional

3. April 2013

Dengan naik turunnya harga yang begitu cepat, hal itu menjadi sangat memusingkan, cryptocurrency berhasil membengkak menjadi $260, ketika bursa berkembang dan jumlah trader membludak. Harga jatuh lagi ke angka $45 dalam waktu dua hari – itu sekitar 83 persen.

4. Desember 2017

Bitcoin memiliki nilai tertinggi dan terendah yang mengejutkan. Selama tahun 2017, Bitcoin naik sebesar 1.950 persen – dari $ 974 menjadi $ 20.000 dalam waktu satu tahun. Para pendukung crypto terus mempertahankan bahwa volatilitas Bitcoin dapat membantu sebanyak mungkin – dan percaya bahwa, suatu hari nanti, harga bitcoin akan tetap stabil dan bisa terus merangkak naik selama dan sesudah tahun2017.

5. November 2018

Selama tahun 2018, Bitcoin telah memiliki banyak pengalaman dan kegagalan dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan harga saat ini jatuh lebih dari 83%,  jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu dengan level tertinggi $19.783. Ini lebih buruk daripada anjloknya Nasdaq dan ketika dot-com bubble pecah di AS – itu juga memberikan konsekuensi bagi banyak mata uang digital lainnya, yang kini telah menjadi tidak berharga. Coba lihat Ethereum sebagai contoh, yang telah jatuh dari $ 1.400 menjelang awal 2018 menjadi sekitar $ 110.

Untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana besarnya penurunan ini, Bitcoin tidak merosot di bawah $ 4.000 sejak September 2017 sebelum bulan November. Dalam waktu satu minggu, Bitcoin Cash anjlok lebih dari 56 persen . Mengikuti naik turunnya pasar kripto tidak perlu menjadi pengalaman yang menakutkan. Mengikuti perkembangannya di berita dapat membantu memastikan Anda tetap selangkah lebih maju – dan mendapatkan gambaran kapan peristiwa besar akan berdampak pada harga.