Berita Regulasi · 7 min read

Menteri Keuangan AS Didesak Perjelas Aturan Crypto

Belum lama ini, kelompok senator bipartisan Amerika Serikat mendesak Janet Yellen selaku Menteri Keuangan, untuk memperbaiki isi dari faktur infrastruktur terkait persyaratan pelaporan tax dalam crypto, yang telah ditandatangani menjadi UU oleh Presiden Biden.

Sejumlah senator yang berpartisipasi antara lain Senator Rob Portman, Mike Crapo, Pat Toomey, Mark Warner, Kyrsten Sinema, dan Cynthia Lummis. 

Mereka mendesak sang menteri memberikan informasi atau panduan informal terkait definisi broker dalam RUU negara setempat.

Baca juga: The Fed Rilis Laporan Terbaru Digital Dollar, Ini Isinya

Aturan Crypto yang Ingin Diperjelas Senator

Senator menginginkan semua pihak di ranah crypto termasuk penambang, pengembang perangkat lunak, validator transaksi, serta operator node harus melaporkan sebagian besar transaksi aset digital mereka senilai lebih dari $10.000 ke Internal Revenue Service, atau IRS. 

Namun menurut pembuat undang-undang itu sendiri, pengajuan perubahan aturan crypto semacam itu hanya akan memberi beban pada sebagian oknum yang tidak seharusnya dipatuhi. 

Selain itu, keenam senator juga meminta Yallen memberdayakan undang undang prosedur administratif sebagai UU yang menentukan bagaimana bisnis federal dapat mengembangkan dan menentang undang-undang. 

Dalam hal ini, senator meminta Menteri Keuangan untuk menyajikan seperangkat pedoman yang menjelaskan definisi broker dalam waktu cepat, atau paling lambat akhir tahun ini.

“Kami meminta pihak kementrian untuk mempertimbangkan dengan cermat karakteristik teknologi yang mendorong berkembangnya crypto, yang mungkin mencakup perbedaan dalam mekanisme konsensus dari berbagai buku besar yang didistribusikan dan protokol lapisan kedua,” kesimpulan senator secara sepakat.

Aset digital dapat berdampak pada perkembangan teknologi di sektor tertentu, dan pedoman yang jelas tentang persyaratan pelaporan tax akan penting bagi mereka yang ada di ekosistem ini.” Mereka menambahkan.

Pada hari yang sama dengan penetapan faktur menjadi undang-undang, senator Ron Wyden dan Lummis juga berupaya menerapkan UU yang mengubah persyaratan pelaporan tax menjadi tidak berlaku lagi bagi individu yang mengembangkan teknologi dan blockchain wallet.

“Sekarang RUU ini telah menjadi undang-undang, Kongres memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa itu diterapkan secara efektif dan sesuai dengan maksud kongres,” 

Baca juga: Eksekutif Crypto Bimbing Kongres Soal Aset Digital

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.