Menjadi Dapps Pendapatan Tertinggi Pancakeswap, Ini Penjelasan Axie Infinity

Naufal Muhammad

8th July, 2021

Axie Infinity (AXS) terlihat naik menjadi proyek dengan pendapatan tertinggi di Pancakeswap (CAKE) dalam satu bulan terakhir.

Data dari Token Terminal menunjukkan bahwa Axie Infinity mendapatkan keuntungan lebih dari Rp328,6 Miliar yang melebihi Pancakeswap itu sendiri.

Hasilnya token dari proyek ini mengalami apresiasi hingga lebih dari 400% kurang dari satu bulan yang membuat banyak pertanyaan mengenai apa sebenarnya proyek ini.

Mengenal Proyek Axie Infinity

Axe Infinity adalah sebuah permainan berbasis blockchain yang memiliki tema pertukaran dan juga perkelahian.

Proyek ini mengambil beberapa elemen dari CryptoKitties salah satu bursa Non Fungible Token (NFT) ternama dan mencampurnya dengan elemen permainan terkenal, Pokemon.

Pemain dapat menghasilkan uang melalui permainan ini akibat permainan memberikan imbalan dari hasil bermain dan pertukaran elemen-elemen yang berbentuk NFT.

Seperti Pokemon, para pemain diminta untuk mengoleksi karakter, membesarkannya, dan kemudian bertarung dengan pemain lain untuk mendapatkan imbalan.

Selain itu, pemain juga dapat menukarkan karakter dan beberapa elemen yang dimiliki dalam bentuk NFT kepada pemain lain untuk mendapatkan uang.

Karakter tersebut bersifat mirip seperti Pokemon dimana ada yang berbentuk hewan hingga tumbuhan yang mencapai 500 jenis.

Seluruh karakter ini diberi nama kategori yaitu Axie dengan jenis yang berbeda-beda dan tersebar dalam permainan tersebut.

Saat ini Axie yang paling mahal di bursanya adalah Axie bernomor #578874 dengan harga 999.999.999.999 Ethereum.

Axie Infinity ini ingin menciptakan permainan dimana pemain bisa menghasilkan uang dalam permainannya bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sistem penghasilannya dapat diraih dari beberapa cara dimana salah satunya adalah bermain melawan pemain lain untuk mendapatkan imbalan.

Imbalan tersebut akan diberikan berupa Smooth Love Potion (SLP) dimana SLP tersebut bisa diubah menjadi Ethereum yang kemudian bisa diubah menjadi Fiat.

Beberapa pemain melaporkan bahwa pendapatannya setelah menekuni permainan ini bisa mencapai lebih dari Rp14 Juta per minggu.

Namun untuk mencapai pendapatan tersebut diperlukan proses yang cukup panjang dan perlu menekuni dan memahami permainan tersebut.

AXS Naik Signifikan

Walau ada SLP, token utama dari Axie Infinity ini adalah AXS yang dapat digunakan sebagai sistem governance.

Sistem ini mempermudah pemilik AXS untuk menyetujui atau menolak inovasi baru dalam permainan.

Selain itu, di masa depan dikatakan bahwa aka nada sistem staking yang dicampur dengan breeding atau perkembangbiakan Axie.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah akan menggunakan AXS atau SLP di masa depan, namun peran AXS masih tetap utama jika membahas Axie Infinity.

Hanya dalam kurang dari satu tahun, sejak Januari 2021, Token AXS telah naik hingga 3.100% lebih hingga saat ini.

Selain itu, hanya dalam beberapa hari, sejak 26 Juni 2021 hingga harga tertinggi kemarin, 7 Juli 2021, AXS telah naik lebih dari 400%.

Hal ini disebabkan larisnya permainan tersebut yang menjadi salah satu sumber penghasilan alternatif di masa pandemi ini.

Oleh karena itu, melihat harganya yang masih terus naik hingga saat ini, dapat dikatakan bahwa Axie Infinity adalah salah satu permainan utama di dunia crypto.

Permainan ini juga dapat mendorong pengetahuan masyarakat tentang NFT lebih dalam sehingga menjadi sentimen positif untuk pasar crypto.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.