Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

5 Proyek NFT yang Harus Kamu Ketahui

NFT tahun ini memiliki popularitas yang luar biasa, karena itu mulai banyak yang tertarik dan ingin memiliki NFT yang unik dan langka. Di antara banyaknya NFT di luar sana, ada lima proyek NFT yang perlu kamu ketahui di industri. Selengkapnya…

Beeple NFT

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang NFT ini. Seniman digital Mike Winkelmann, lebih dikenal sebagai Beeple, telah menyapu dunia seni dengan menjual NFT seharga  69 juta ETH. Penjualan tersebut difasilitasi oleh rumah lelang Christie’s. Beeple sebelumnya tidak menjual cetakan seharga lebih dari $100 dan dalam semalam menjadi salah satu seniman hidup dengan nilai tertinggi di dunia.

Alasan di balik karyanya begitu dihargai karena Beeple sudah memiliki basis penggemar yang besar berkat serialnya, di mana dia membuat dan mengunggah karya seni setiap hari.

Rupanya, dia tidak pernah melewatkan satu hari pun dalam 14 tahun terakhir. Karya itu sendiri berjudul “Everydays – The First 5000 Days”, dan itu adalah kolase dari karya seninya sejak 5000 hari pertama proyek tersebut.

NBA Top Shot

Pada Maret 2021, NBA Top Shot adalah salah satu proyek  paling sukses di luar sana. Menurut dasbor data Block, NBA Top Shot memiliki pengguna terbanyak dari semua proyek NFT. Meskipun data ini tidak memperhitungkan proyek NFT yang lebih kecil, itu adalah prestasi yang mengesankan.

NBA Top Shot adalah proyek oleh Dapper Labs di mana pengguna dapat membeli paket karya seni digital unik yang menampilkan momen NBA terkenal sebagai NFT. Merek NBA jelas merupakan faktor yang signifikan dalam membuat NFT ini sukses di pasaran. Aspek lainnya mungkin pengalaman pengguna.

NBA Top Shot sama sekali tidak terasa seperti produk blockchain, yang menurunkan penghalang masuk bagi kebanyakan orang. NBA Top Shot menghindari hal ini dengan melepaskan aspek desentralisasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Kemungkinan banyak pengguna bahkan tidak tahu bahwa mereka sama sekali menggunakan produk berbasis blockchain.

Cryptopunks

Cryptopunks adalah salah satu NFT paling awal yang pernah ada di Ethereum. Mereka telah tersedia selama bertahun-tahun dan memiliki minat yang bisa dibilang stagnan hingga akhirnya trend NFT meledak tahun ini, nama Cryptopunks pun terangkat kembali. Cryptopunks adalah proyek oleh Larva Labs. Ini menampilkan 10.000 ‘karakter’ unik tertagih di Ethereum. Semua karakter unik dan hanya dicetak dalam satu edisi.

Saat peluncuran, masing-masing dapat diklaim secara gratis oleh siapa saja yang memiliki dompet Ethereum. Pada tahun 2018, kamu dapat membelinya dengan harga rata-rata 50-100 USD. Namun, pada tahun 2021, harga-harga tersebut telah meledak. Pada Maret 2021, yang paling mahal telah terjual seharga 4.200 ETH.

Axie Infinity

Axie Infinity adalah game blockchain di mana pemain dapat membiakkan hewan peliharaan virtual bernama Axies. Kamu menganggapnya sebagai kombinasi Pokémon dan CryptoKitties. Pemain memiliki dan mengontrol hewan peliharaan ini, atau mereka dapat menukarnya dengan pemain lain. Mereka dapat melawan monster bersama dalam mode Petualangan atau saling berhadapan dalam pertempuran PvP (pemain vs pemain).

Adapun latar belakang teknis, Axies mengikuti standar ERC-721 di Ethereum. Permnainan ini juga menampilkan item dan tanah, yang semuanya adalah NFT. Axie Infinity telah menjadi salah satu game NFT paling populer di Ethereum. Dengan peluncuran sidechain Rhonin, biaya gas yang tinggi juga seharusnya tidak terlalu menjadi masalah bagi para pemain.

Decentraland

Decentraland adalah game realitas virtual berbasis blockchain. Pemain dapat mengembangkan dan memperdagangkan LAND, tanah virtual yang diwakili oleh token ERC-721. Setiap bagian dari TANAH itu unik, dan pemiliknya dapat memilih konten apa yang ingin mereka isi dengan tanah mereka. Ini bisa berkisar dari adegan sederhana hingga permainan interaktif.

Pemain dapat membeli LAND dengan token asli platform, MANA. Dalam beberapa hal, Decentraland memiliki ekonominya sendiri, di mana pemain dapat berinteraksi satu sama lain dalam berbagai cara dan memonetisasi aktivitas mereka.

Tidak seperti game realitas virtual serupa lainnya seperti Second Life, bagaimanapun, Decentraland sepenuhnya dikendalikan oleh serangkaian aktor yang terdesentralisasi.


Tidak dapat dipungkiri bahwa barang koleksi digital akan terus ada. Jika ada, pasar NFT hanya akan menjadi lebih populer. Meski begitu, dalam jangka waktu yang cukup lama, kemungkinan sebagian besar NFT akan menjadi nol.

Selain itu, likuiditas untuk NFT bekerja jauh berbeda dari likuiditas yang biasa kamu gunakan di pasar seperti BTC/USD, jadi berhati-hatilah saat mempertimbangkan untuk memilih NFT yang ingin kamu miliki.

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Hash Rate