Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Siaran Pers · 7 min read

Melihat Potensi Inter Protocol, DAI-nya Agoric

Inter protocol

Inter Protocol adalah platform pencipta stablecoin pada jaringan Agoric. Keberadaan stablecoin bisa dikatakan vital pada suatu jaringan sebab dengan stablecoin pengguna dapat mengutilisasi modal pada DeFi dengan aset yang stabil.

Platform ini menciptakan stablecoin bernama IST pada jaringan Agoric, dan jika dianalogikan sama seperti Maker dengan DAI-nya di jaringan Ethereum. Namun IST memiliki peran yang lebih penting pada jaringan Agoric

Artikel ini membahas tentang platform Inter Protocol beserta hal potensial terkait dengan platfrom ini.

IST: Stablecoin Sekaligus Gas Fee Agoric

Inter Protocol adalah aplikasi terdesentralisasi yang dikelola oleh komunitas dan diluncurkan pada rantai Agoric dengan stablecoin IST. IST adalah stablecoin yang dijamin oleh aset lebih (over-collateralized) dan dirancang untuk penggunaan luas di seluruh ekosistem Agoric, Cosmos, dan interchain.

Gambar: Homepage Inter Protocol. Sumber: Inter Protocol

Stablecoin ini di-pegged terhadap US Dollar. Tujuannya adalah untuk menjaga paritas dengan dolar AS dan memastikan aksesibilitas serta stabilitas dalam market yang fluktuatif.

IST bukan hanya token stabil biasa, tapi juga memiliki peran penting ke dalam struktur ekonomi Agoric. Sebagai token gas fee untuk jaringan Agoric, IST memainkan peran penting dalam memfasilitasi transaksi dan operasi jaringan.

Baca juga: Token BLD Agoric Naik 20% dalam Dua Minggu, Begini Potensinya!

Cara Kerja Inter Protocol

Inter Protocol memiliki fungsi utama dalam mencetak stablecoin IST dengan jaminan aset overcollateralized. Hal ini bertujuan untuk menjaga rasio reserve terhadap jumlah IST yang di-minting, memastikan stablecoin tidak kehilangan nilai atau depegged.

Berikut adalah mekanisme Inter Protocol dalam proses minting IST.

Vaults

Gambar: Vaults pada platform Inter Protocol.

Inter Protocol memungkinkan pengguna membuat Vaults yang dijamin oleh aset dengan mendepositokan aset seperti ATOM atau stATOM. Vaults ini memungkinkan pengguna mencetak IST, memberikan akses ke pasar interchain yang berkembang sambil mempertahankan posisi asli mereka.

Parity Stability Module (PSM)

PSM menawarkan mekanisme pencetakan dan penebusan untuk stablecoin eksternal dengan pertukaran IST pada rasio 1:1 hingga batas yang disetujui oleh governance. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menukar antar stablecoin dengan mulus.

Peran IST dalam Konektivitas Interchain

IST karena ketersediaannya yang luas untuk semua chain dalam ekosistem Cosmos dan IBC yang berkembang. Aksesibilitas universal ini menempatkan IST sebagai fasilitator interaksi dan transaksi antar chain, mendorong visi lingkungan blockchain yang terhubung.

Inter Protocol terus berinovasi dengan memperkenalkan mekanisme model lelang untuk likuidasi jaminan dalam Vaults dan memanfaatkan jaringan oracle terdesentralisasi untuk feed harga yang akurat.

Potensi Inter Protocol Di Masa Mendatang

Tata kelola Inter Protocol sendiri berada di tangan pemegang BLD, koin native Agoric, yang memiliki kekuatan untuk memberikan suara pada proposal tata kelola, mendorong pendekatan pengelolaan protokol yang didorong oleh komunitas. Hal ini dapat dianalogikan dengan Maker yang menciptakan stablecoin DAI dengan token governance MKR.

Dengan fungsi vital IST dalam jaringan Agoric, maka platform Inter Protocol layak untuk dipantau dan diperhatikan. Hal ini juga akan mempengaruhi koin BLD yang dimana jika pengelolaan platform ini menarik minat di masa mendatang, maka kebutuhan koin BLD akan meningkat untuk kepentingan pengelolaan platform. Secara tidak langsung, ini berpotensi memberikan apresiasi terhadap harga BLD.

Baca juga: Daftar dApps yang Tersedia di Jaringan Agoric

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.