Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Analisis · 8 min read

Mayoritas Harga Kripto Reli Usai The FED Jamin Dana Nasabah SVB

Mayoritas kripto reli

Kripto mengalami penguatan dalam 24 jam terakhir terlihat dari valuasi yang bertambah sebesar US$71,2 miliar. Dalam dua hari terakhir, valuasi market kripto bertambah US$109 miliar.

valuasi kripto
Gambar: Penurunan dan peningkatan valuasi market kripto

Dilansir dari Coinmarketcap, top kripto seperti BTC mengalami peningkatan +8,40% ke harga US$22.408, ETH meningkat +7,73% ke harga US$1.602, BNB +8,34% ke harga US$304,57, MATIC +6,57% ke harga US$1,14, dan DOGE +5,41% ke US$0,07071 dalam 24 jam terakhir.

Gambar: Pergerakan harga beberapa kripto top 10 berdasarkan valuasi

USDC yang sempat anjlok ke harga US$0,879 pada 11 Maret 2023 imbas dari pemberitaan reserve yang tertahan di SVB. Per 13 Maret 2023 pukul 13.00 WIB sudah kembali ke harga sekitaran US$0,99.

Gambar: Grafik harga USDC terhadap US Dollar

Penyebab Kenaikan

Kemungkinan besar recovery ini terjadi karena keputusan The Fed untuk membantu (bailout) nasabah SVB untuk mendapatkan dana mereka secara penuh. Ini berarti termasuk Circle, yang memiliki US$3,3 miliar reserve USDC yang disimpan pada SVB.

Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen, menyatakan bahwa SVB tidak akan mendapatkan bailout melainkan lebih memfokuskan bantuan kepada nasabah (depositor) untuk memperoleh dana mereka.

“Kami tidak akan melakukannya lagi (bailout bank). Tetapi kami prihatin dengan deposan dan fokus untuk mencoba memenuhi kebutuhan mereka,” kata Janet Yellen, Menteri Keuangan AS.

Sementara itu, pertukaran kripto Bitstamp, mengatakan akan terus beroperasi secara normal, meskipun Signature Bank kini ditutup oleh regulator AS demi menghindari krisis sistemik.

Di lain sisi, CEO Binance, Changpeng Zhao mengabarkan di akun twitternya, bahwa Binance akan mengonversi sisa dana inisiatif pemulihan industri senilai US$1 miliar dari stablecoin BUSD menjadi kripto asli seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB).

Baca juga: Daftar Perusahaan Kripto Terdampak Penutupan Signature Bank

Investor Diimbau Waspada

Kendati pasar bergerak positif, sebagian besar analis memperingatkan agar tidak menganggap semua baik-baik saja dengan sentimen pasar setelah langkah-langkah ini.

“Pasar tetap resah dari kegagalan SVB, turbulensi pasar yang dipicu oleh SVB telah membalikkan ekspektasi pasar yang meningkat di jalur suku bunga Fed. Situasinya berkembang, tetapi volatilitas tampaknya akan tetap tinggi dalam beberapa hari mendatang,” kata Alvin Tan, kepala strategi FX di RBC Capital Markets di Singapura, dilansir dari Reuters.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.