Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Mayoritas Bursa Crypto Indonesia Maintenance! Investor Ngamuk

Naufal Muhammad     Friday, January 8 2021

Saat ini mayoritas bursa crypto di Indonesia sedang menjalani maintenance atau perbaikan. Maintenance ini tidak hanya terjadi di bursa Indonesia namun di seluruh dunia.

Akibatnya investor protes karena tidak bisa mengambil keuntungan bahkan mengakses dananya. Apa membuat maintenance ini terjadi secara bersamaan?

Mayoritas Bursa Crypto Indonesia Maintenance

Adanya lonjakan harga Bitcoin yang terus menyentuh ATH baru yakni $41.000 atau setara dengan Rp578 juta rupiah turut memberikan dampak kepada mayoritas pasar crypto.

Ketertarikan ini juga terlihat dari kapitalisasi crypto yang terus naik menembus $1 Triliun.

Akibatnya saat ini banyak pihak baru yang tertarik untuk masuk dan juga banyak pihak yang sebelumnya tidak bertransaksi, mulai bertransaksi kembali. Hasilnya banyak platform atau bursa yang kewalahan.

Baca juga: Daftar Platform Jual Beli Bitcoin Legal di Indonesia

Fenomena ini terjadi di seluruh dunia, sebagai contoh beberapa bursa terbesar di Amerika seperti Coinbace, Gemini, Kraken, dan Binance mengalami maintenance akibat apresiasi ini.

Indonesia tidak luput dari hal tersebut mengingat ketertarikan terhadap crypto saat ini sedang meningkat. Hasilnya bursa besar seperti Indodax, Pintu, dan Rekeningku mengalami maintenance karena kewalahan.

Investor Ngamuk Karena Sulit Bertransaksi

Akibat dari maintenance ini, banyak investor yang protes karena tidak bisa melakukan transaksi atau bahkan mencairkan dananya. Hal ini disebabkan sangat banyaknya jumlah transaksi yang terjadi yang membuat jaringan sistem bursa-bursa tersebut mengalami kendala.

Selain itu, kritik juga datang dari investor yang baru ingin mendaftar. Mayoritas pendaftar baru tidak dapat melakukan verifikasi pendaftaran atau proses verifikasinya tersendat.

Baca juga: 3 Cara Aman Beli Bitcoin Saat Harganya Meroket

Untuk mengatasi investor yang mulai kesal, beberapa bursa ternama di Indonesia telah mempublikasi sebuah permohonan maaf akibat ketidaknyamanan ini.

Tiga bursa seperti Pintu, Indodax, Rekeningku terpantau sedang menerima kritik sangat tinggi. Namun pihak bursa tetap meyakinkan bahwa semuanya aman dan akan segera pulih.

” Bapak/Ibu tidak perlu khawatir prihal dana atau pun aset yang berada di rekeningku, semua proses withdraw masih bisa dilakukan 24jam, hanya saat ini bebrapa aset yg bisa ditransaksikan, ” tulis keterangan resmi dari Rekeningku.

Jangka waktu maintenance oleh bursa berbeda-beda ada yang tiga hari hingga satu bulan. Karena itu investor diharapkan terus memantau perkembangan masing-masing bursa yang saat ini sedang dalam perbaikan dan tetap tenang sambil menunggu bursa pulih kembali.

Jika ada kendala harap hubungi customer support bursa tempat di mana aset crypto kamu berada untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.