Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Airdrop crypto · 8 min read

Manta Airdrop Token Senilai Rp1 Miliar, Pengguna Awal Kecewa

airdrop Manta

Manta Network, layer-2 Ethereum terbesar ketiga dengan total nilai terkunci (TVL) sebesar US$878 juta, meluncurkan token native MANTA pada 18 Januari 2024 kemarin.

Peluncuran tersebut bersamaan dengan airdrop 30 juta token MANTA yang bernilai US$66 juta atau setara dengan Rp1 miliar, dengan harga token US$2,20.

manta airdrop
Gambar: Harga token MANTA. Sumber: CoinGecko

Airdrop Manta Network beragam oleh para penerimanya. Bagi pengguna awal proyek tersebut, pemberian airdrop dianggap mengecewakan.

Salah seorang pengguna dalam sebuah postingan di X menyatakan telah menggunakan modal yang besar dan menggunakan referral, namun hanya mendapatkan sedikit alokasi.

“Manta New Paradigm adalah airdrop paling mengecewakan tahun ini. Saya mendepositkan 1 ETH, dan tim saya mendepositkan total 2,5 ETH dan yang saya dapatkan hanya 26 MANTA dengan nilai saat ini sebesar US$65,” keluh pengguna tersebut.

“Saya hanya mendapatkan 13,2 MANTA dari melakukan bridging selama dua minggu dan mengunci ETH saya selama dua bulan. Opportunity cost tentu tidak sebanding jika Anda tidak memiliki banyak referral,” ujar seorang pengguna X.

“Bukan ujaran kebencian, tapi Anda mestinya berfokus kepada distribusi MANTA yang sangat buruk daripada memamerkan keuntungan ketika 99% yang menggunakan referral Anda tidak mendapatkan apa-apa,” balas seorang pengguna di postingan seorang influencer kripto di X.

Masih banyak komentar lain senada yang dapat ditemukan pada kolom komentar postingan tersebut.

Baca juga: Proyek Blockchain Celestia Airdrop 60 Juta Token TIA

Sistem Airdrop Manta

30 juta token yang di-airdrop didasarkan pada sistem poin yang didapatkan dengan menyelesaikan tugas-tugas di layer-2 Manta yang dikenal sebagai Manta Pacific.

Sistem poin dipopulerkan oleh marketplace NFT Blur. Sebelum adanya poin, pengguna tidak tahu langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi syarat mendapatkan airdrop tertentu.

Sekarang beberapa aktivitas seperti bridging, menggunakan protokol DeFi, atau memiliki NFT tertentu dapat menghasilkan poin yang biasanya akan mendapatkan alokasi airdrop. Konversi airdrop menjadi token tidak diketahui secara pasti sampai token diluncurkan.

Dalam airdrop MANTA, poin dikonversi secara pro-rata bukan sistem tier. Sistem yang dipakai MANTA pada akhirnya hanya menguntungkan pengguna dengan modal besar atau memiliki referral banyak. Apabila Manta memilih sistem tier seperti JITO, maka pengguna awal dengan modal kecil bisa mendapatkan nilai airdrop yang lebih banyak.

Baca juga: DApps Solana, Jito Airdrop Miliaran Rupiah

Manta Sudah Bisa Diperdagangkan

Token Manta telah diperdagangkan di berbagai exchange kripto besar seperti Binance, Bybit, dan KuCoin. Berdasarkan data CoinGecko, MANTA diperdagangkan dengan harga tertinggi di US$2,72 dan per artikel ini ditulis (19/1/24), token ini diperdagangkan pada harga US$2,20.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.