Berita Altcoins · 5 min read

Lido Masih Dominasi Market LSD Pasca Shanghai Upgrade

Lido Liquid Staking

Lido tetap mendominasi sektor liquid staking derivative (LSD) dengan market share sebesar 74,45% pasca Shanghai Upgrade.

Alih-alih mengalami penurunan setelah Shanghai Upgrade, rata-rata liquid staking token milik Lido, stETH yang ada di protokol justru menunjukkan peningkatan.

Baca juga: Liquid Staking, Tren Kripto Terbaru di 2023!

stETH yang digunakan sebagai jaminan pada platform DeFi juga menunjukkan kenaikan pada platform lending, terlihat dari TVL stETH pada Aave dan Compound.

Lido Masih Mendominasi Sektor LSD

Per Shanghai Upgrade pada 12 April 2023, terdapat 10 platform LSD aktif dengan Lido mendominasi TVL sebesar US$11,4 miliar atau 74,13% dari total TVL LSD.

Per data terbaru 5 Juli 2023, Lido masih mendominasi TVL sebesar US$14,8 miliar atau 74,45% total TVL LSD, meski harus bersaing dengan 22 platform LSD lainnya.

lido
Gambar: Persebaran TVL sektor LSD. Sumber: DefiLlama

Jumlah ETH yang di-staking pada Lido sempat menunjukan penurunan beberapa hari setelah Shanghai sebesar 400 ribu ETH. Walaupun demikian, jumlah ETH yang di-staking pada Lido meningkat secara konstan. Per data terbaru 5 Juli 2023, jumlah ETH yang di-staking mencapai 7,55 juta ETH.

Gambar: Jumlah ETH yang distaking pada protokol LSD. Sumber: DefiLlama

Selain itu, rata-rata stETH yang di-staking juga meningkat mengindikasikan minat penggunaan Lido sebagai platform LSD masih dominan.

Gambar: Rata-rata stETH. Sumber: Glassnode

Dukungan stETH sebagai jaminan pada platform lending kemungkinan besar menjadi alasan mengapa Lido menjadi pilihan pengguna. stETH diterima menjadi jaminan pada platform lending besar seperti Aave dan Compound.

Dengan dukungan dari platform lending, terlihat rotasi pemberdayaan stETH yang awalnya hanya sebagai likuiditas pada DEX bertransisi menjadi jaminan pada platform lending.

Terlihat pada pool Curve dan Balancer, jumlah stETH pada pool stETH Curve mengalami penurunan -39%, sementara jumlah stETH pada pool stETH Balancer mengalami penurunan -71%.

Gambar: pool stETH Curve. Sumber: Glassnode
Gambar: pool stETH Balancer. Sumber: Glassnode

TVL stETH pada Aave mengalami peningkatan menjadi US$1,79 miliar. Sementara TVL stETH pada Compound meningkat menjadi US$42,2 juta, peningkatan sebesar 817%.

Gambar: TVL stETH pada Aave. Sumber: Glassnode
Gambar: TVL stETH pada Compund. Sumber: Glassnode

Baca juga: Lido Rilis V2 dan Aktifkan Fitur Penarikan ETH, Ini Dampaknya ke Harga!

Jumlah Staking ETH Meningkat Pasca Shanghai

Pasca Shanghai Upgrade pada 12 April 2023, ETH yang di-staking pada protokol Beaconchain sudah dapat ditarik setelah dua tahun lamanya. Berdasarkan data Beaconcha.in, Per 5 Juli 2023, terdapat 9,45 juta ETH dalam proses penarikan.

Gambar: Withdrawal ETH. Sumber: Beaconcha.in

Namun banyaknya penarikan ternyata tidak sebanding dengan jumlah ETH yang distaking pasca Shanghai. Per data terbaru pada 5 Juli 2023, jumlah ETH yang di-staking pasca Shanghai mengalami kenaikan konstan dan telah meningkat 2,7 juta ETH.

Gambar: Jumlah ETH yang di-staking. Sumber: Beaconcha.in.

Adanya penarikan jumlah besar pasca Shanghai (9,45 juta ETH) namun dengan netflow yang positif mengindikasikan kemungkinan aksi penarikan adalah pemindahan staking dari Beaconchain menuju layanan LSD.

Gambar: Grafik harga ETH pasca Shanghai

Indikasi ini diperkuat dengan harga ETH yang tidak anjlok seketika setelah Shanghai dan justru menguat yang artinya penarikan ETH tidak bertujuan untuk menjual ETH. Selain itu, TVL sektor LSD meningkat, terlihat dari TVL Lido selaku pemegang market share LSD terbesar.

Gambar: TVL Lido. Sumber: DefiLlama

Baca juga: Jumlah Pasokan ETH di Exchange Merosot dalam 6 Bulan Terakhir


Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.