Berita Blockchain · 8 min read

Layer-2 Blast Raih TVL Fantastis Meski Dibalut Kontroversi

BLAST

Meski menghadapi tantangan teknis dan beberapa kritikan, staking layer-2 Blast telah menembus total nilai terkunci (total value locked, TVL) sebesar US$811 juta.

Blast Tembus TVL Melebihi US$800 Juta

Protokol “layer-2” Blast telah mencapai total nilai yang terkunci (TVL) sebesar US$811 juta (11/12/23), hanya beberapa pekan setelah peluncurannya pada 22 November 2023, dengan kenaikan sebesar 26,5% dalam tujuh hari terakhir menurut data dari DefiLlama.

blast tvl
Gambar: TVL Blast. Sumber: DefiLlama

Di balik pertumbuhan yang cepat, Blast adalah protokol dengan model bisnis yang unik. Protokol ini merupakan solusi scaling untuk jaringan Ethereum dan menawarkan imbal hasil kepada pengguna yang melakukan staking pada dana mereka. Pengguna yang melakukan staking diproyeksikan mendapatkan imbal hasil sebesar 4% per tahun.

Baca juga: Apa Itu Staking Crypto? Panduan Lengkap untuk Pemula

Namun, kemunculan protokol ini disertai dengan tantangan keamanan. Pada 30 November 2023, Blast mengungkapkan bahwa terdapat pengguna yang melakukan staking pada protokol dan kehilangan sekitar US$100.000 setelah mengkonversi deposit menjadi DAI.

Masalah ini disebabkan oleh parameter slippage yang salah konfigurasi pada user interface pengguna, sehingga Blast mengkompensasi pengguna tersebut sebesar US$10.000.

Kompensasi sebesar 10% ini akan berasal dari sebagian modal US$20 juta milik Blast yang dikumpulkan dari investor seperti Paradigm. Namun, hubungan Blast dengan Paradigm juga menghadapi tantangan tersendiri.

Pada akhir November 2023, kepala riset Paradigm, Dan Robinson, menyampaikan pesan yang menyatakan ketidaksetujuannya terhadap strategi Blast yang meluncurkan bridge sebelum jaringan layer-2-nya aktif.

Baca juga: Layer-2 Mirip Ponzi, Blast Raih TVL US$358 Juta

Blast Rencanakan Airdrop Januari 2023

Blast berencana merilis testnet dan melakukan airdrop untuk para developer pada bulan Januari 2023, sementara airdrop untuk pengguna diberikan ketika mainnet-nya tersedia yang diperkirakan pada bulan Februari 2023.

Hal menarik lainnya yang patut diperhatikan adalah, belum ini adalah ketiadaan fungsi penarikan. Pengguna yang menyetor dan melakukan staking pada Blast percaya bahwa tim akan menambahkan fitur penarikan suatu saat dalam beberapa bulan mendatang, ketika mainnet diluncurkan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.