Berita Altcoins · 6 min read

Layer-2 Base Jadi Tempat Meme Coin Baru, Token BALD Naik Dua Ribu Persen!

LAYER 2 BASE

Base adalah layer-2 pada jaringan Ethereum yang diluncurkan oleh Coinbase. Mainnet baru terbuka untuk developer mulai dari 13 Juli 2023 dan untuk berinteraksi dengan Base baru dapat dilakukan melalui portal proxy contract.

Trader pada mainnet Base tengah diliputi hype meme coin BALD yang tercatat sempat mengalami kenaikan 2.000 kali lipat. Trading meme coin ini dilakukan pada DEX LeetSwap, salah satu DEX yang mendukung mainnet Base.

Token BALD yang kemungkinan terinspirasi dari kepala botak CEO Coinbase, Bryan Armstrong, sempat mengalami kenaikan 2.000 kali lipat sejak pertama kali listing di DEX LeetSwap pada 30 Juli 2023. Hal ini juga membuat DEX LeetSwap mengalami kenaikan volume transaksi yang signifikan hingga US$241,8 juta dalam 24 jam terakhir.

BALD mengalami kenaikan 200.132% dari US$0,0000043 ke harga tertinggi di US$0,08610. Per 31 Juli 2023, BALD diperdagangkan pada harga US$0,05067 dengan kenaikan 120.920% terhitung dari awal listing.

Baca juga: Mengenal Friend.tech, Platform Sosial Finance Baru di Jaringan Base

Gambar: Grafik harga BALD

Bersumber dari Lookonchain, terlihat secara on-chain terdapat empat alamat wallet yang mengalami keuntungan hingga US$1 juta (Rp15 miliar) hanya dengan modal 0,534 ETH sekitar US$1.000 (Rp15 juta). Mencatatkan keuntungan 1.000 kali lipat. Alamat wallet ini membeli 50 juta token BALD atau 50% dari total supply ketika BALD baru diperdagangkan selama empat menit.

Namun tak hanya ada yang memperoleh keuntungan, tetapi juga terdapat whale yang sedang merugi dalam pembelian token BALD. Seorang whale menghabiskan 1.000 ETH atau sekitar US$1,87 juta untuk membeli 28 juta token BALD di harga rata-rata US$0,067 per BALD. Dengan harga saat ini, maka posisi sedang floating loss sekitar US$340 ribu (Rp5,1 miliar).

Baca juga: 500 Token Scam Beredar di Blockchain Base Coinbase

Sekilas Tentang Base, Layer-2 dari Coinbase

Proyek layer-2 Base dari Coinbase bekerjasama dengan Layer-2 Optimism, pertama kali diluncurkan dalam versi testnet pada 23 Februari 2023. Periode testnet berlangsung selama lima bulan dan pada 13 Juli 2023 Base meluncurkan mainnet yang dapat diakses oleh developer. Bridge resmi Base, yakni portal untuk mentransfer aset dari mainnet Ethereum menuju Base rencananya akan diluncurkan pada awal Agustus 2023.

Saat ini, user yang ingin berinteraksi dengan mainnet Base dapat dengan cara yang tertera pada dokumen teknis Base. User dapat mengirim langsung aset Ethereum (ETH) dari mainnet Ethereum ke alamat portal proxy contract. Perlu dicatat bahwa hanya aset ETH yang dikirimkan, hanya kirim ETH dari mainnet Ethereum, dan jangan kirim ETH dari alamat exchange.

Per artikel ini dibuat, berdasarkan data Dune Analytics sudah sebanyak 34.094 ETH atau setara US$63.649.427 (Rp960,5 miliar) yang telah ditransfer dari mainnet ETH menuju Base.

base
Gambar: Jumlah ETH yang ditransfer dari mainnet Ethereum ke Base

Untuk memunculkan mainnet Base pada wallet, maka perlu menambahkan remote procedure call (RPC) yang dapat dilakukan melalui website Chainlist.

Baca juga: Token OP Naik 15% Pasca Kerja Sama Coinbase dengan Optimism

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.