Laporan: 1,5 Juta XRP Berhasil Dibawa Kabur Penipu dari YouTube

Wafa Hasnaghina

20th August, 2020

Penipu yang melancarkan aksinya pada situs video YouTube berhasil membawa lari 1.543.000 XRP dengan 60% korban merupakan pengguna Coinbase dan sisanya berasal dari dompet pribadi. 

Data tersebut diungkapkan oleh XRPlorer, perusahaan pelacakan ledger di Twitter. XRPlorer juga mengungkapkan penipu berhasil mencuci aset sejumlah 508.000 dari 839.000 XRP pada pertukaran mata uang kripto Binance dan 273.000 XRP lainnya pada pertukaran Crypto NiceChange.

Video penipuan ini masih memiliki motif yang sama dengan kasus-kasus terdahulu dengan menirukan tokoh atau perusahaan teknologi besar lainnya. Tak hanya itu, penipu tersebut juga menjanjikan korban dengan imbalan dua kali atau bahkan tiga kali lipat dari jumlah yang dikirimkan oleh korban.

Baca juga: Waspada! Penipuan Berhadiah Bitcoin Catut Nama Elon Musk dan SpaceX

CEO XRPlorer, Thomas Silkjær mengatakan Coinbase dan bursa pertukaran lainnya memiliki kesempatan untuk lebih proaktif dan memperingatkan pengguna ketika mencoba memindahkan aset mereka pada akun dengan potensi penipuan. Perusahaan pertukaran dapat memberikan tanda sebelum XRP dapat dikirim, sehingga potensi kejahatan dapat dicegah.

Gugatan Ripple pada YouTube

Ripple ini mengajukan gugatan terhadap Youtube pada bulan April lalu, dengan tuduhan “aksi lamban yang disengaja” dari situs web video tersebut sehingga para penipu mudah untuk menggunakan platform tersebut dalam melancarkan aksinya.

Gugatan tersebut menuntut kompensasi kerusakan merek dan reputasi dari Ripple karena kegagal YouTube untuk menghentikan aksi penipuan saat itu yang mencatut nama CEO perusahaan pembayaran global, Brad Garlinghouse. 

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini