Berita Bitcoin · 6 min read

Waspada! Penipuan Berhadiah Bitcoin Catut Nama Elon Musk dan SpaceX

Beberapa hari ini beredar sebuah video penipuan yang tayang secara live dengan iming-iming 5000 BTC mengatasnamakan Elon Musk dan SpaceX. Penipuan tersebut berhasil tayang secara berkala di situs Youtube dan berhasil menipu puluhan ribu orang yang menontonnya.

Ketika tayang di situs Youtube, penipu menampilkan kembali video wawancara mengenai peluncuran roket kerjasama antara NASA dan SpaceX pada 30 Mei 2020 lalu dan dipadukan dengan informasi pasar cryptocurrency serta kode alamat BTC. Tak hanya itu penipuan yang tayang pada 14 Juni 2020 berhasil mencatut nama SpaceX dan tayang selama satu jam hingga akhirnya pihak Youtube berhasil menurunkan video tersebut dari situsnya. 

penipuan bitcoin elon musk

Penipuan Gunakan Alamat Bitcoin Berbeda

Penipuan ini telah berhasil beberapa kali tayang di situs Youtube sejak 8 Juni 2020 lalu. Diperkirakan setidaknya dalam satu kali tayangan video tersebut, penipu dapat mengantongi sekitar $150.000.

Hal ini mengingat untuk dapat berpartisipasi dalam “acara” tersebut, peserta wajib mengirimkan minimal 0.1 BTC hingga paling banyak 20 BTC ke alamat dompet BTC tertentu. Lebih lanjut, penipuan ini juga menjanjikan dana kembali bagi siapapun yang berpartisipasi lebih dari sekali

Belum diketahui apakah penipuan ini dilakukan sekelompok orang yang sama. Namun, dalam beberapa tayangan video yang disiarkan secara live tersebut, penipu menggunakan nama situs Youtube dan alamat dompet BTC yang berbeda. 

Catut Nama Tokoh Terkenal

Selain kasus pencatutan nama Elon Musk dan SpaceX ini, sudah banyak penipuan-penipuan berkedok tokoh-tokoh terkenal dalam menarik dan meyakinkan banyak korbannya. Hal ini mengingat nama tokoh-tokoh penting membuat penipuan berhadiah cryptocurrency yang banyak beredar ini tampak resmi dan legal. 

Lebih lanjut, terdapat laporan pengaduan kepada Google Inc,. dari orang-orang yang diduga sebagai korban dari penipuan ini sejak 4 Juni lalu, tetapi penipuan lain terus muncul dengan berbagai video dan nama akun yang berbeda.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.