Berita Altcoins · 6 min read

Kunci Coin Bahas Perbedaan Proyek Crypto Indonesia dan Luar Negeri

Kunci Coin

Popularitas crypto yang meningkat di Indonesia turut dibersamai dengan hadirnya token-token lokal dalam negeri, salah satunya adalah Kunci Coin yang merupakan proyek cryptocurrency yang bekerja di jaringan Binance Smart Chain (BSC).

Sebagai proyek asli dalam negeri, Kunci Coin turut menyoroti perbedaan proyek buatan dalam negeri dan luar negeri. 

Dalam wawancara eksklusif bersama Coinvestasi pada acara Coinfest Asia 2022 mengungkapkan jika proyek luar negeri terlihat unggul karena memiliki sumber daya manusia yang lebih berkualitas sehingga berpengaruh pada proyek yang mereka buat. Sedangkan di Indonesia masih memiliki keterbatasan sumber daya berkualitas untuk membuat proyek crypto yang kuat. 

Wawancara Coinvestasi bersama Dedi dan Joko Crypto dari Kunci Coin
Wawancara Coinvestasi bersama Dedi dan Joko Crypto dari Kunci Coin

“ Sementara Indonesia masih agak susah ya, kita berusaha yang terbaik tapi kita merasa perlu mencari talent yang lebih bagus lagi, utamanya untuk membangun Kunci Coin,” katanya.  

Persoalan pekerja blockchain ini pun sempat dibahas oleh Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Sea Labs secara virtual, ia mengatakan jika dirinya tidak ingin Indonesia hanya menjadi pasar saja tetap turut menjadi pemain untuk menciptakan ekonomi digital Indonesia yang lebih kondusif. 

“Saya tidak ingin, Indonesia hanya jadi pasar saja tapi harus jadi pemain. Oleh sebab itu ekosistem yang kondusif harus kita bangun bersama-sama dan talenta digital yang kita harus di luar diri kita harus undang ke Tanah Air,” ujar Jokowi. 

Ia menambahkan, “ Digital talent baik di bidang Artificial Intelligence (AI), digital desain, digital marketing, blockchain, mereka anak-anak yang perlu kita undang balik ke Tanah Air dalam rangka membangun sistem ekonomi digital agar lebih baik dan kondusif lagi,” sambung Jokowi.

Sentimen Proyek Crypto Indonesia Masih Negatif

Selain masalah sumber daya manusia, Joko Crypto yang merupakan bagian dari Kunci Coin menyoroti jika masalah proyek crypto di Indonesia adalah soal stigma, sehingga berdampak pada perkembangan proyek di masa depan. 

“ Proyek lokal benar-benar serius mengembangkan produknya tetapi mereka mudah menurun semangatnya di tengah proses sehingga, produknya belum jadi sudah berhenti, dan ini yang membuat citranya menjadi jelek,” katanya. 

Melihat situasi ini Kunci Coin bertekad untuk bisa mematahkan stigma tersebut dan memberikan proyek berkualitas dengan sumber daya yang profesional di bidangnya. 

Baca juga: Perluas Kegunaan Aset, Kunci Coin Tersedia di Qoinpay!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.