Analisis · 5 min read

Crypto China Naik Tinggi, Bagaimana Potensinya?

Aset kripto asal China

Dalam seminggu terakhir, harga proyek kripto asal China atau berkaitan dengan China mengalami kenaikan harga yang signifikan. Salah satu yang tertinggi adalah Conflux (CFX) dengan kenaikan +523% dalam seminggu.

Kenaikan yang tinggi ini menimbulkan spekulasi di komunitas kripto tentang narasi Chinese Crypto yang akan booming, dan memunculkan FOMO investor yang terlewat momentum kenaikan ini.

Artikel ini akan memberikan daftar dan profil proyek kripto berkaitan dengan China beserta potensinya.

Conflux (CFX)

Conflux adalah blockchain publik yang bertujuan untuk menjembatani komunitas dan ekonomi Asia dan Barat.

Conflux juga kompatibel dengan EVM, memungkinkan dApps yang dibangun mendukung smart contract yang ditulis dalam Solidity. Proyek ini berkantor pusat di Beijing, China tetapi telah memperluas operasinya ke Toronto, Kanada dan Lagos, Nigeria.

Pekan lalu, Conflux mengumumkan melalui akun twitter resminya tentang kerjasama dalam pengembangan SIM card berbasis blockchain dengan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di China, China Telecom.

Harga CFX telah mengalami kenaikan +523% dalam seminggu terakhir dan naik +1.325% dari awal tahun 2023. Namun jika dilihat dari harga tertinggi di tahun 2021, CFX mengalami penurunan -84%.

Gambar: Grafik harga CFX
Gambar: Grafik harga CFX

Per 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB, CFX diperdagangkan pada harga US$0,3068 dan berada pada peringkat 76 berdasarkan valuasi sebesar US$644 juta. Jika kembali ke harga tertingginya, maka potensi keuntungannya mencapai +565% dari harga hari ini.

Alchemy Pay (ACH)

Didirikan di Singapura pada tahun 2018, banyak user mulai menggunakan jaringan Alchemy Pay pada tahun berikutnya.

Alchemy Pay didirikan oleh Molly Zheng, pernah bekerja sebagai konsultan senior di PayPal China dan Shawn Shi, sebelumnya wakil presiden teknologi di ZhongAn, sebuah perusahaan asuransi China.

Ide didirikan Alchemy Pay adalah sebagai jembatan antara kripto dan uang fiat dimana user dapat memilih metode pembayaran dengan kripto maupun fiat. Terlebih lagi, native tokennya ACH dapat digunakan pada DeFi.

Gambar: Grafik harga ACH
Gambar: Grafik harga ACH

ACH telah mengalami kenaikan +173% dalam seminggu terakhir dan naik +428% dari awal tahun 2023. Akan tetapi, ACH telah mengalami penurunan -75% jika dilihat dari harga tertinggi di tahun 2021.

Per 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB, ACH diperdagangkan pada harga US$0,0403 dan berada pada peringkat 165 berdasarkan valuasi sebesar US$207 juta. Jika kembali ke harga tertingginya, maka potensi returnya mencapai +313% dari harga hari ini.

Filecoin (FIL)

Filecoin adalah penyedia penyimpanan terdesentralisasi. Ide dari proyek ini adalah menjaga keamanan data/file dengan memecahnya dan meletakkannya di berbagai komputer yang terhubung ke jaringan.

Proyek ini didirikan oleh Protocol Labs, perusahaan internet berbasis di California, Amerika serikat.

Hal yang menyebabkan Filecoin berkaitan dengan China adalah investornya yakni Sequoia China dan Fenbushi Capital.

Gambar: Grafik harga FIL

FIL telah mengalami kenaikan +81% sepekan terakhir dan +188% dari awal tahun 2023. Jika dilihat dari harga tertinggi di tahun 2021, FIL telah mengalami penurunan -96%.

Per 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB, FIL diperdagangkan pada harga US$8,94 dan berada pada peringkat 22 berdasarkan valuasi sebesar US$3,5 miliar. Jika kembali ke harga tertingginya, maka potensi returnya mencapai +2.594% dari harga hari ini.

Baca juga: Filecoin Layanan Penyimpanan Data yang Aman dan Terdesentralisasi

Neo (NEO)

Neo merupakan rebranding dari Antshares pada tahun 2017, adalah blockchain yang dikembangkan untuk sepenuhnya mendigitalisasi aset dan identitas melalui smart contract untuk mencapai smart economy, berdasarkan motonya.

Neo didirikan oleh dua orang asal China yakni Da Hongfei dan Erik Zhang. Pada masanya antara tahun 2016 – 2017, Neo sempat mendapat julukan sebagai Chinese Ethereum sebab pengaplikasian smart contract dan latar belakang pendirinya.

Gambar: Grafik harga NEO

Harga NEO telah mengalami kenaikan +58% dalam sepekan terakhir dan naik +115% dari awal tahun 2023. Namun jika dilihat dari harga tertinggi di tahun 2021, NEO mengalami penurunan -91%.

Per 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB, NEO diperdagangkan pada harga US$14,04 dan berada pada peringkat 52 berdasarkan valuasi sebesar US$972 juta. Jika kembali ke harga tertingginya, maka potensi keuntungannya mencapai +960% dari harga hari ini.

Vechain (VET)

VeChain adalah platform blockchain yang dirancang untuk meningkatkan manajemen supply chain dalam proses bisnis. Tujuannya untuk mengefisienkan proses dan aliran informasi dalam supply chain yang kompleks melalui penggunaan blockchain.

VeChain didirikan oleh Sunny Lu dengan bantuan Chengpeng Zhao, yang sekarang juga dikenal sebagai pendiri Binance.

Pada pertengahan Januari 2023, VeChain bekerjasama dengan China Animal Health and Food Safety Alliance (CAFA) dalam tracking peredaran makanan dengan blockchain.

VET telah mengalami kenaikan +31% sepekan terakhir dan +90% dari awal tahun 2023. Jika dilihat dari harga tertinggi di tahun 2021, VET telah mengalami penurunan -89%.

Gambar: Grafik harga VET

Per 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB, VET diperdagangkan pada harga US$0,0295 dan berada pada peringkat 32 berdasarkan valuasi sebesar US$2,1 miliar. Jika kembali ke harga tertingginya, maka potensi returnya mencapai +850% dari harga hari ini.

Nervos Network (CKB)

Nervos Network adalah blockchain publik yang bertujuan untuk mengatasi batasan scaling yang dihadapi jaringan seperti Bitcoin dan Ethereum. Nervos adalah protokol layer-1 yang menggunakan konsensus Proof of Work (PoW) dan mendukung pengembangan smart contract.

Pada July 2022, melalui akun Medium, Nervos mengumumkan integrasi protokol dengan Blockchain-based Services Network (BSN), pengembang blockchain asal China.

Gambar: Grafik harga CKB

CKB telah mengalami kenaikan +54% dalam seminggu terakhir dan naik +143% dari awal tahun 2023. Akan tetapi, CKB telah mengalami penurunan -87% jika dilihat dari harga tertinggi di tahun 2021.

Per 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB, CKB diperdagangkan pada harga US$0,0055 dan berada pada peringkat 161 berdasarkan valuasi sebesar US$217 juta. Jika kembali ke harga tertingginya, maka potensi returnya mencapai +714% dari harga hari ini.

Flamingo (FLM)

Flamingo adalah protokol DeFi yang mengintegrasikan beberapa modul untuk menyediakan infrastruktur DeFi yang komprehensif pada blockchain NEO. User dapat berpartisipasi dalam Flamingo seperti DeFi pada umumnya.

Gambar: Dominasi Flamingo pada ekosistem NEO

Salah satu unsur keterkaitan dengan China adalah tempat protokol ini berjalan, yakni blockchain NEO yang berasal dari China. Flamingo menjadi DeFi yang mendominasi total nilai terkunci pada eksosistem NEO sebesar 98,29%.

Harga FLM telah mengalami kenaikan +34% dalam sepekan terakhir dan naik +81% dari awal tahun 2023. Namun jika dilihat dari harga tertinggi di tahun 2021, FLM mengalami penurunan -89%.

Gambar: Grafik harga FLM

Per 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB, FLM diperdagangkan pada harga US$0,1274 dan berada pada peringkat 404 berdasarkan valuasi sebesar US$57,5 juta. Jika kembali ke harga tertingginya, maka potensi returnya mencapai +874% dari harga hari ini.


Pemain besar seperti Justin Sun, juga tengah berinvestasi pada aset kripto berbasis China dan menyebutnya sebagai all in China strategy.

Akan tetapi, keberlanjutan kenaikan harga pada proyek kripto berkaitan dengan China ini besar kemungkinan bergantung pada kebijakan China terhadap pelarangan kripto.

Seandainya China mulai lunak terhadap kripto, maka ada potensi proyek kripto di atas akan mengalami reli.

Baca juga: Aset Kripto Asal China Melonjak, Imbas Regulasi AS Makin Ketat?


Disclaimer: Artikel ini hanya berupa informasi dan edukasi, bukan merupakan saran investasi atau ajakan trading kripto. Seluruh keputusan investasi ada di tangan pembaca dengan memperhatikan risiko dan keuntungannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.