Komite Olimpiade Internasional akan Meluncurkan Pin NFT Resmi

Anisa Giovanny

6th June, 2021

Ketenaran NFT atau Non Fungible Token yang unik nampaknya telah sampai ke telinga para pendiri IOC atau Komite Olimpiade internasional. Sebab, yayasan yang menyelenggarakan komeptisi olahraga terbesar di musim panas dan musim dingin ini diketahui akan meluncurkan koleksi token NFT yang mewakili pin Olimpiade yang dapat dikoleksi bekerja sama dengan pengembang game nWay.

Menurut pengumuman yang  dilansir dari Decrypt“pengalaman hiburan digital bertema Olimpiade yang baru” adalah bagian dari perjanjian lisensi nWay dengan IOC.

“Pin Olimpiade dimulai sebagai cara untuk mengidentifikasi atlet, hakim, dan ofisial, tetapi selama 125 tahun terakhir, itu telah menjadi tradisi” kata Timo Lumme, direktur pelaksana layanan televisi dan pemasaran IOC.

Dia menjelaskan bahwa di masa lalu, semua orang dari atlet hingga staf acara, jurnalis, dan penonton ikut serta dalam tradisi ini dengan mengumpulkan dan memperdagangkan pin di asrama Olimpiade dan sekitarnya.

NFT Diluncurkan untuk Pembatasan Kontak

Namun kali ini, panitia penyelenggara akan memberlakukan berbagai pembatasan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan bahkan melarang penggemar olahraga asing untuk menghadiri Olimpiade Musim Panas Tokyo pada tahun 2021.

Dalam keadaan seperti itu, perdagangan massal pin fisik Olimpiade tidak mungkin dilakukan. Meskipun murni digital, setiap NFT unik, memberikan kelangkaan dan hak kepemilikan yang dapat dibuktikan sama seperti  pin fisik pada umumnya.

Kemudian, platform perdagangan P2P akan diluncurkan akhir tahun ini, memungkinkan pemegang NFT untuk berdagang dan menukar pin digital mereka. Khususnya, pasar dibangun di atas Flow, blockchain yang sama dengan raksasa NFT NBA Top Shot.

Setelah itu, pengguna dapat mengambil pin NFT gratis saat mereka memainkan video game baru dari tim di nWay. Peluncurannya dijadwalkan untuk Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing. Proyek game lain sedang dalam pengembangan untuk Paris 2024.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency