3 Keunggulan Proyek Crypto Friktion yang Perlu Diperhatikan

Anisa Giovanny

24th July, 2022

Untuk mengenalkan produk Friktion dan meningkatkan kesadaran merek di Indonesia, Growth dari Friktion Bryan Tay melakukan tanya jawab atau Ask Me Anything bersama komunitas Indonesia Paham Bitcoin pada Senin 18 Juli 2022.

Pada acara ini Tay menjelaskan mengenai Friktion dan apa saja keunggulan proyek ini dibandingkan dengan proyek lainnya. 

Friktion adalah protokol manajemen portofolio lengkap yang dibangun di atas Solana. Produk individu (Volts) adalah strategi generasi kembali yang dirancang secara kuantitatif yang berada di tempat perbatasan efisien DeFi. 

Fokus utama Friktion adalah menemukan bentuk pengembalian yang terdiversifikasi dan tidak berkorelasi dengan aset tradisional. Tim yang terlibat dalam proyek ini terdiri dari orang-orang ahli di bidangnya, berasal dari perdagangan eksklusif dan perusahaan riset kuantitatif (komoditas, perbendaharaan, produk volatilitas, aset kripto), rekayasa blockchain full-stack, kebijakan moneter, dan desain UI/UX. 

“Mereka telah bekerja sama sejak 2017 dan melihat peluang besar untuk menciptakan alat yang dapat digunakan orang untuk mengelola risiko lebih baik daripada yang ada saat ini,” kata Bryan Tay. 

Friktion mewujudkan ide yang  memungkinkan siapa saja yang ingin mengakses harga terbaik melalui berbagai counter-party on chain. Proyek ini juga telah bergabung dengan Solana hackathon pada Oktober tahun lalu dengan Friktion, dan mainnet diluncurkan pada Desember 2021. 

Produk unggulan Friktion adalah volt yang berfungsi di berbagai kondisi pasar, selengkapnya informasi soal volt bisa di baca di artikel Volts Produk Unggulan Friktion Di Segala Kondisi Market

Sejak diluncurkan pada bulan Desember tahun lalu, Friktion telah menghasilkan $2 miliar yang mengesankan dalam volume opsi nosional yang diperdagangkan dan merupakan salah satu protokol DeFi yang tumbuh paling cepat di bidangnya.

Keunggulan Friktion

Dengan lebih dari $40 juta di TVL, Friktion adalah protokol produk terstruktur terkemuka di Solana yang memiliki tiga kekuatan yang perlu diperhatikan menurut Bryan Tay, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Friktion memiliki tim kontributor yang kuat yang sebelumnya bekerja di perusahaan trading eksklusif dan penelitian kuantitatif dan oleh karena itu memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman perdagangan yang diterjemahkan ke dalam desain produk mereka.
  1. Friktion memiliki salah satu kinerja terbaik dibandingkan dengan pesaing mereka dan merupakan trader SOL dan BTC terbesar di ekosistem DeFi
  2. Friktion berfokus pada transparansi kinerja dan oleh karena itu telah mengembangkan halaman analitik tingkat institusional yang tidak terlihat, dengan data kinerja yang kuat dan terkini untuk dilihat semua pengguna.

“ Friktion juga mendorong inovasi dalam ruang DeFi dengan rangkaian produknya yang telah melampaui strategi penempatan Opsi. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih volt yang berbeda ini di berbagai kondisi pasar, Volt #5 & Volt #6 akan diluncurkan dalam 1-2 bulan ke depan,” katanya. 

Proyek ini telah mendapat dukungan dari investor top, seperti Jump Capital, DeFiance Capital, Pillar, Libertus Capital, Delphi Ventures, Sino Global Capital, Tribe Capital, Castle Island Ventures, Dialectic, Petrock Capital, dan Solana Capital.

Selain itu, sekelompok trader derivatif dan market makers dari Genesis Trading, Alameda Research, LedgerPrime, QCP Capital, CMS Holdings, dan lainnya akan bergabung dengan Friktion. 

Ingin mengetahui informasi terkini dan berdiskusi seputar Friktion, segera bergabung di Discord

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency