Berita Industri · 6 min read

Ketua MPR RI Sebut Kripto dalam Sidang Tahunan

Ketua MPR RI

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyoroti pentingnya peran industri keuangan digital untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Pesan ini disampaikan Bambang dalam pidato pembuka Sidang Tahunan MPR RI pada Rabu (16/8/2023).

“Perkembangan inovasi teknologi sektor keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto di Indonesia, terus menunjukkan perkembangan pesat. Kehadiran aktivitas keuangan digital dirasakan manfaatnya dalam aspek kenyamanan, kemudahan, kecepatan, dan efisiensi,” ungkap Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam Sidang Tahunan MPR RI.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.
Sumber: Youtube MPR RI

Bambang mengungkapkan, selain berperan strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, aset keuangan digital, termasuk kripto, juga berkontribusi pada pertumbuhan nilai investasi dan membuka potensi lapangan kerja baru.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat bahwa pada bulan Juni 2023, nilai transaksi kripto di Indonesia mencapai Rp8,97 triliun. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 9,3% dari bulan sebelumnya yang mencapai Rp8,21 triliun.

Kripto juga menjadi salah satu komoditas dengan penyumbang pajak sebesar mencapai Rp456,49 miliar dari pungutan pajak atas transaksi aset kripto dan fintech-peer to peer (P2P) per Juni hingga Desember 2022.nsformasi secara cepat menuju digitalisasi dan integrasi.

Namun, Bambang Soesatyo menyadari adanya tantangan yang dihadapi oleh sektor kripto, seperti regulasi, volatilitas, keamanan, dan lainnya.

Dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang PPSK yang telah disahkan, Bambang berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat menguatkan perannya dalam pengawasan dan pengembangan sektor keuangan.

Baca Juga: Ketua MPR RI Resmikan Pabrik Mining Crypto di Indonesia

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.