Aset Kripto · 8 min read

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Soroti Pertumbuhan Kripto di Indonesia

Bambang Soesatyo

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, memberikan dukungan dan apresiasi pada anak-anak muda yang tergabung di Indonesia Kripto Nasional (IKN).

Bambang Soesatyo mengapresiasi gagasan anak-anak muda yang tergabung dalam IKN dengan mendirikan BlackStone wallet serta mengembangkan BlackStone token dan stable coin ORI (Oeang Republik Indonesia) untuk mendukung ekosistem kripto nasional.

Dalam rilis resmi yang diterbitkan oleh situs MPR pada 1 November 2023, pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga menyoroti pertumbuhan industri kripto di Indonesia. 

Ketua MPR RI mengatakan bahwa pasar kripto yang besar di Indonesia bukan hanya menunjukkan potensi ekonomi yang luar biasa, tetapi juga peluang investasi yang menjanjikan, alternatif sumber pemasukan negara, dan stimulus untuk memajukan perekonomian nasional. 

Sementara itu, menurut laporan Geography of Cryptocurrency tahun 2023 oleh Chainalysis, Indonesia menempati posisi ke-7 dunia dalam adopsi aset kripto.

“Sepanjang tahun 2022, akumulasi nilai transaksi aset kripto di Indonesia juga terus tumbuh dengan angka kapitalisasi yang fantastis, mencapai hampir Rp305 triliun. Nilai transaksi aset kripto sejak awal tahun 2023 hingga April 2023 tercatat sudah mencapai Rp49,26 triliun,” ujar Bamsoet, di Jakarta, Rabu (1/11/23).

Ia juga menekankan bahwa Indonesia memiliki kesempatan menjadi crypto hub di tengah persaingan dengan negara-negara seperti Singapura dan Hong Kong. 

“Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia bersaing ketat dengan Vietnam Filipina, dan Thailand. Sebab, ketiga negara tersebut menempati posisi sepuluh besar dengan tingkat adopsi kripto tertinggi,” katanya.

Baca juga: Menilik Potensi dan Dominasi Asia di Kancah Industri Kripto Dunia

Kripto Sebagai Alternatif Stimulus Negara

Bambang Soesatyo pun menjelaskan besarnya pasar kripto di Indonesia, di satu sisi dapat dimaknai sebagai sebuah potensi ekonomi, baik sebagai peluang investasi, sebagai alternatif sumber pemasukan negara, maupun sebagai stimulus untuk memajukan perekonomian nasional. 

“Di samping itu, tentunya juga dapat dioptimalkan untuk meningkatkan peran Indonesia dalam perekonomian regional,” katanya. 

Bambang Soesatyo dalam berbagai kesempatan kerap menyebutkan kripto. Beberapa di antaranya adalah saar pidato pembuka Sidang Tahunan MPR RI pada Rabu (16/8/2023) dan saat forum internasional Think-20 2022.

Menurutnya perkembangan inovasi teknologi sektor keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto di Indonesia, terus menunjukkan perkembangan pesat.

“Kehadiran aktivitas keuangan digital dirasakan manfaatnya dalam aspek kenyamanan, kemudahan, kecepatan, dan efisiensi,” ungkapnya.

Kemudian dalam forum internasional Think-20 (T-20) Indonesia Summit 2022 yang diselenggarakan di Nusa dua Bali, ia sempat mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi crypto hub, khususnya di Asia Tenggara.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.